PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT SISWA KELAS IV SDN 1 PEUKAN BADA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    KARYA KERJA ILMIAH

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT SISWA KELAS IV SDN 1 PEUKAN BADA


Pengarang

Nurlatifah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106104170008

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe NHT, hasil belajar, materi
perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit
Penelitian ini
berjudul:“PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeNumberHeadsTogether
(NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Perubahan Kenampakan
Bumi dan Benda Langit Siswa Kelas IV SDN 1 Peukan Bada” yang bertujuan
untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses
pembelajaran melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT
dalam pembelajaran IPA materi perubahan kenampakan permukaan bumi dan
benda langit. Subjek penelitian adalah siswa IV SD Negeri 1 Peukan Bada yang
berjumlah 24 orang, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan serta 1
orang guru sebagai pengamat, sedangkan objek penelitian adalah penerapan
model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk meningkatkan hasil belajar
siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak tiga
siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi
aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes. Dari hasil analisis didapatkan bahwa
aktivitas guru mengalami peningkatan. Pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh
sebesar 3,81 (Baik), siklus II sebesar 4,65 (sangat baik) sedangkan pada siklus III
sebesar 4,88 (sangat baik).Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus
I sampai ke siklus III. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata pada siklus I yang
diperoleh sebesar 3,4 (baik), siklus II 4,1 (baik) sedangkan pada siklus III
meningkat menjadi 4,6 (sangat baik)Hasil belajar siswa pada siklus I mendapatkan
nilai rata-rata kelas sebesar 65,42 dan siswa yang tuntas sebanyak 13 orang siswa
dari 24 orang siswa. Pada Siklus II, nilai rata-rata kelas yang dicapai oleh siswa
sebesar 72,08 dan siswa yang tuntas sebanyak 18 orang siswa dari 24 orang siswa
yang mengikuti proses pembelajaran. Pada Siklus III, nilai rata-rata kelas yang
dicapai oleh siswa sebesar 74,17 dan siswa yang tuntas sebanyak 22 orang siswa
dari 24 orang siswa yang mengikuti proses pembelajaran.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK