Uji Aktivitas Ekstrak n-heksana dari Daun Cassia alata terhadap Jamur Candida albicans | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    KARYA KERJA ILMIAH

Uji Aktivitas Ekstrak n-heksana dari Daun Cassia alata terhadap Jamur Candida albicans


Pengarang

RadillaMutia - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0908103010006

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Kimia (S1) / PDDIKTI : 47201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas mipa., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

571.995

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Aktivitas anti jamur ekstrak n-heksana daun Cassia alata telah diuji terhadap jamur Candida albicans. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui daya hambat ekstrak n-heksana daun C. alata yang tumbuh di daerah Aceh terhadap pertumbuhan jamur C. albicans. Daun C. alata sebanyak 850 gram dimaserasi dengan pelarut n-heksana menghasilkan 31,79 g ekstrak n-heksana pekat berupa gel dan berwarna hijau tua dengan rendemen 3,73%. Ekstrak n-heksana dipisahkan lebih lanjut dengan metode kromatografi kolom cair vakum (KKCV) yang menghasilkan 4 fraksi gabungan, yaitu fraksi A (7,7251 g), fraksi B (1,9419 g), fraksi C (1,3565 g) dan fraksi D (1,4737 g). Berdasarkan hasil uji fitokimia ekstrak kasar dan fraksi-fraksinya mengandung metabolit sekunder dari golongan steroid. Ekstrak n-heksana daun C. alata dan fraksi gabungan diuji aktivitas anti jamur terhadap pertumbuhan jamur C. albicans dengan metode difusi agar menggunakan cakram dengan tiga variasi konsentrasi yaitu 10, 30 dan 50% sebanyak tiga kali pengulangan. Kontrol positif yang digunakan adalah nistatin, sedangkan kontrol negatif yang digunakan adalah n-heksana. Hasil uji aktivitas menunjukkan bahwa fraksi D memiliki aktivitas anti jamur terhadap pertumbuhan C. albicans. Hal ini dibuktikan dengan adanya zona bening dengan diameter 10,6, 11,3 dan 12,6 mm pada konsentrasi 10, 30 dan 50%. Ekstrak kasar n-heksana daun C. alata dan fraksi lainnya tidak memiliki aktivitas anti jamur. Berdasarkan hasil penelitian, diduga bahwa senyawa yang terkandung dalam ekstrak n-heksana daun C. alata yang dapat menghambat pertumbuhan C. albicans adalah senyawa steroid.

Kata Kunci: Gelinggang (Cassia alata), ekstrak n-heksana, Candida albicans, aktivitas anti jamur.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK