PEMBUATAN PUPUK NPK SLOW RELEASE DENGAN MENGGUNAKAN KOMPOSIT ABU SEKAM PADI, SAGU DAN KHITOSAN (DIUJI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSINYA PADA PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG (ZEA MAYS L.) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PEMBUATAN PUPUK NPK SLOW RELEASE DENGAN MENGGUNAKAN KOMPOSIT ABU SEKAM PADI, SAGU DAN KHITOSAN (DIUJI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSINYA PADA PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG (ZEA MAYS L.)


Pengarang

Rizki Zakia - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006103040006

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Subject
Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci : NPK Slow Release, Efisiensi serapan, Zea mays L
Penelitian yang telah dilakukan tentang pembuatan pupuk NPK Slow Release dengan menggunakan komposit abu sekam padi, sagu dan khitosan yang diuji efektivitas dan efisiensinya pada pertumbuhan tanaman jagung (Zea mays L). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan pupuk NPK Slow Release dan NPK konvensional terhadap serapan NPK, efisiensi serapan NPK dan pertumbuhan tanaman jagung serta mengetahui kesetaraan dosis antara penggunaan pupuk NPK Slow Release yang dibuat dari campuran urea, SP-36 dan KCl dengan menggunakan komposit abu sekam padi, sagu dan disalut dengan khitosan dengan pupuk NPK konvensional yang biasa digunakan oleh petani pada tanaman jagung hibrida varietas Pioneer 19. Penelitian ini terdiri dari 6 perlakuan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK), setiap perlakuan diulang sebanyak 3 kali ulangan sehingga terdapat 18 unit percobaan. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun, berat kering, kadar NPK, serapan NPK dan efisiensi NPK tanaman pada umur 30 HST. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, dan berat kering tanaman dari pemupukan NPK konvensional dan NPK Slow Release, namun berpengaruh nyata terhadap diameter batang. Serapan NPK lebih tinggi pada perlakuan yang menggunakan pupuk Slow Release. Penggunaan pupuk NPK Slow Release mampu meningkatkan efisiensi serapan NPK.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK