//

PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 12 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizky Septia Harahap - Personal Name
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik salah satunya adalah penggunaan gadget. Penggunaan gadget yang berlebihan dan berketergantungan memiliki pengaruh yang kuat terhadap hasil belajar. Penelitian ini berupaya untuk melihat adakah pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 12 Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang ditimbulkan oleh penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa. Dengan hipotesis pada penelitian ini terdapat pengaruh antara penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 12 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya assosiatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 12 Banda Aceh, dengan populasi sebanyak 67 siswa. Sampel dipilih menggunakan teknik sampling purposive dimana sampel pada penelitian ini sebanyak 30 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan angket kepada responden. Angket yang digunakan adalah angket jenis langsung dan tertutup dengan pengukuran menggunakan skala Likert. Selanjutnya, untuk melihat pengaruh kedua variabel dilakukan uji regresi sederhana dan pengujian hipotesis menggunakan uji koefisien korelasi product momen. Berdasarkan hasil pengolahan data pada uji analisis regresi sederhana diperoleh (y ) ̂= 46.704 + 0,397x. Dari data tersebut dapat dijelaskan bahwa variabel X mempengaruhi variabel Y sebesar 0,397. Hal tersebut berarti terdapat pengaruh antara penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil uji hipotesis juga mengatakan bahwa terdapat pengaruh positif. Hal ini dapat dilihat dari perolehan r_hitung (0,555) > r_tabel (0,374), sehingga H_a diterima dan H_0 di tolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 12 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS JALUR UNTUK MENGIDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT BELAJAR SISWA SMA NEGERI DI KOTA BANDA ACEH (Pocut Asri Cahyani, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DENGAN KEJADIAN MATA LELAH PADA SISWA SMA NEGERI UNGGUL SUBULUSSALAM SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 (THESA YURIKA, 2020)

PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP TAJAM PENGLIHATAN PADA SISWA SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (HELMINA RAHMAH, 2019)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013-2014 (AZRIN ADHA, 2014)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FENOMENA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 1 BANDA ACEH (ARIS MADHUHA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy