//

PENERAPAN MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING DALAM MENGATASI MISKONSEPSI, MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI SEL DI MAN DARUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Wulandari - Personal Name
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui konsep pada materi sel yang mengalami miskonsepsi, penerapan modul berbasis discovery learning dalam mengatasi miskonsepsi, meningkatkan hasil belajar kognitif dan motivasi siswa. Pengambilan data dilakukan pada bulan Juni 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan rancangan pretest posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas yaitu XI IA 1 sebagai kelas kontrol dan XI IA 3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengukur miskonsepsi dan hasil belajar siswa, angket motivasi untuk melihat motivasi belajar siswa. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16.0 for windows pada taraf signifikan 95% atau α 0,05. Hasil menunjukkan bahwa konsep yang mengalami miskonsepsi adalah mekanisme transpor melalui membran, hasil uji t menunjukkan bahwa t_hitung > t_tabel yaitu hasil belajar siswa 2,875 > 1,67 dan motivasi belajar 6,158 > 1,67. Dapat disimpulkan bahwa penerapan modul berbasis discovery learning dapat mengatasi miskonsepsi pada konsep komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel dan organel sel tumbuhan dan hewan, meningkatkan hasil belajar kognitif, dan motivasi siswa pada materi sel di MAN Darussalam. Kata Kunci: Modul berbasis discovery learning, Miskonsepsi, Hasil Belajar Siswa, Sel.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI MODUL BERBASIS SAINTIFIK DIPADUKAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS,MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN ACEH BARAT DAYA (SORAYA ULFAH, 2020)

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFUL LEARNING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA MAN DARUSSALAM (Aynani Tajrian, 2015)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN (INTAN ZAHARA, 2018)

“PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENUGASAN DAN KETRAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI MAN KABUPATEN BIREUEN” (Putri Liana, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENUGASAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI KABUPATEN BIREUEN (Putri Liana, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy