//

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MURDER BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS I MAN 1 SIGLI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Diah Ramadhani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Strategi Pembelajaran Murder diadaptasi dari karya Bob Nelson yang terdiri dari Mood, Understand, Recall, Digest, Expand dan Review. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar siswa; (2) Kesesuaian aktivitas guru dan siswa; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; dan (4) Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran murder.Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 1 MAN 1 Sigli yang berjumlah 38 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan(1) Lembar pre-test dan post-test; (2) Lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa; (3) Lembar pengamatan keterampilan guru; dan (4) Angket respon siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa (1) Persentase ketuntasan secara individual meningkat pada siklus I 32 siswa tuntas, siklus II 35 siswa tuntas dan pada siklus III 36 siswa yang tuntas. Persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 60 persen pada siklus I menjadi 70 persen pada siklus II dan 90 persen pada siklus III. (2) Jumlah kesesuaian aktivitas guru dan siswa meningkat dari 6 aktivitas sesuai pada siklus I menjadi 9 aktivitas sesuai pada siklus II dan 11 aktivitas sesuai pada siklus III. (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dari skor 2,5 dengan kategori sedang pada siklus I menjadi 2,8 dengan kategori baik pada siklus II dan 3,1 dengan kategori baik pada siklus III. (4) Respon siswa positif terhadap penerapan strategi pembelajaran MURDER berbantuan media audiovisual. Hal ini terlihat cara guru menerangkan materi pelajaran 94,7 persen menjawab menarik, 97,2 persen siswa menjawab dapat memahami materi pelajaran yang baru diikuti, pendekatan pembelajaran 86,8 persen siswa mengatakan baru. Berkaitan dengan komponen-komponen pembelajaran, 94,7 persen siswa menjawab materi yang dipelajari menarik, 92,1 persen soal yang digunakan baik, 92,1 persen siswa menjawab suasana kelas menyenangkan, dan 97 persen siswa menjawab penampilan guru menarik. Berkaitan dengan minat untuk mengikuti pelajaran berikutnya, 92,1 persen siswa mengatakan berminat, 94,7 persen siswa menjawab penerapan strategi pembelajaran MURDER berbantuan audiovisual dapat memperjelas pemahaman terhadap materi pelajaran. Kata Kunci: strategi MURDER, media audiovisual, hasil belajar,geografi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Siti Asra, 2019)

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI STRATEGI BEACH BALL BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Indah Fitriani, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BLANGKEJEREN (Sari Aini, 2019)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Lina Zulaini, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMAN 2 BANDA ACEH (M FADHLURRAHMAN, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy