//

ANALISA SISTEM ANTRIAN M/M/S : FIFO/~/~ PADA PELAYANAN TELLER (STUDI KASUS PADA BRI KANTOR WILAYAH BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sahanaya - Personal Name
SubjectQUEUEING THEORY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan model antrian yang di gunakan agar mengoptimalkan pelayanan teller. Dalam penelitian ini, model antrian yang digunakan yaitu model antrian berganda (M/M/S). Data yang diambil yaitu kedatangan nasabah dan waktu pelayanan nasabah. Sistem antrian mengikuti pola kedatangan yang berdistribusi poisson sedangkan waktu pelayanan berdistribusi eksponensial dengan menggunakan uji Chi Square. Data diambil pada waktu tidak sibuk yaitu pertengahan bulan dan waktu sibuk yaitu awal bulan. Data faktual yang ada saat ini dapat menjelaskan hari Senin adalah hari yang sangat sibuk pada situasi yang ada pada teller sedangkan pada hari lainnya tidak terlalu sibuk. Pada waktu tidak sibuk diperoleh jumlah rata-rata nasabah yang menunggu dalam sistem sebesar 4 nasabah dengan jumlah rata-rata nasabah yang menunggu dalam antrian sebesar 1 nasabah, sedangkan rata-rata waktu menunggu dalam sistem selama 7.14 menit dengan waktu rata-rata menunggu dalam antrian selama 0.88 menit. Pada waktu sibuk diperoleh rata-rata jumlah nasabah dalam sistem sebesar 6 nasabah dengan jumlah nasabah yang menunggu dalam antrian sebesar 2 nasabah, sedangkan waktu rata-rata menunggu dalam sistem selama 9.70 menit dengan waktu rata-rata menunggu dalam antrian selama 3.45 menit. Untuk mengoptimalkan waktu tunggu nasabah dapat dilakukan dengan cara menambah jumlah teller. Kata Kunci : teller, antrian, M/M/S, uji Chi-Square

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SISTEM ANTRIAN MULTIPLE CHANNEL QUERY SYSTEM BNI LAYANAN DARUSSALAM (Alfita Marzalena, 2014)

ANALISA PELAYANAN NASABAH BANK MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC SUGENO (STUDI KASUS BRI KANTOR WILAYAH BANDA ACEH) (NUR AULIA ZANNAH, 2017)

ANALISA SISTEM ANTRIAN M/M/S : FIFO/~/~ PADA PELAYANAN TELLER (STUDI KASUS PADA BRI KANTOR WILAYAH BANDA ACEH) (Sahanaya, 2017)

ANALISIS SISTEM ANTRIAN PENGISIAN BAHAN BAKAR MINYAK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SIMULASI (STUDI KASUS : STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (SPBU) LAMNYONG) (Al Muttaqin, 2017)

ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL DENGAN METODE NASA-TLX (TASK LOAD INDEX) DAN PERHITUNGAN WAKTU PRODUKTIF DENGAN METODE WORK SAMPLING PADA TELLER (STUDI KASUS : BANK BRI KANTOR CABANG BANDA ACEH) (Rio Rinanda Ismar, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy