//

DINAMUKA KTA PELAJAR MAHASISWA (KOPELMA) DARUSSALAM 1959-2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Geubrina Rezki F - Personal Name
SubjectSPATIAL PLANNING
URBAN DEVELOPMENT
URBAN AREAS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rezki F, Geubrina. 2016. Dinamika Kota Pelajar Mahasiswa (KOPELMA) Darussalam (1959-2015). Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Teuku Abdullah, S.H., MA. (2) Dr. Husaini, MA. Kata Kunci: Dinamika, Kopelma Darussalam. Penelitian ini mengangkat masalah tentang bagaimana dinamika Kota Pelajar Mahasiswa (Kopelma) Darussalam (1959-2015). Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan proses lahir dan berkembangnya Kopelma Darussalam hingga kontribusinya dalam memajukan pendidikan di Aceh, sebagai kampus Jantong Hatee Rakyat Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini, meliputi Geuchik Gampong Rukoh, Geuchik Gampong Limpok, Geuchik Gampong Kopelma Darussalam, Geuchik Gampong Barabung, Geuchik Gampong Tanjung Selamat serta beberapa tokoh-tokoh gampong lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah kritis dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data (heuristik) yang digunakan ialah dengan cara mengumpulkan sumber primer dan sekunder, sementara teknik analisa data menggunakan kritik sumber (verifikasi) dan teknik penulisan menggunakan sistematika historiografi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Kopelma Darussalam sejak mulai diresmikan 2 September 1959 terus berkembang dan maju pesat hingga melahirkan 3 lembaga pendidikan tinggi negeri yang dibanggakan oleh masyarakat Aceh yaitu Universitas Syiah Kuala, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, dan Teungku Chik Pantee Kulu. Pembangunan infrastuktur dan mutu pendidikan juga terus ditingkatkan, hal ini menunjukkan kemajuan Kopelma Darussalam dan kontribusinya terhadap masyarakat Aceh sebagai pusat pendidikan di Aceh. Di samping itu, beberapa universitas lainnya terus bermunculan, hal tersebut bertujuan agar menciptakan generasi-generasi Aceh yang mempunyai daya saing dengan daerah-daerah lainnya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERKEMBANGAN KAWASAN PINGGIRAN KOTA (PERI-URBAN ) SEBAGAI AKIBAT ALIH FUNGSI LAHAN ( STUDI KASUS DI KECAMATAN INGIN JAYA, KRUENG BARONA JAYA DAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR ) (RINI ROSDINA, 2019)

GENDER DAN PEMBANGUNAN KOTA DI DUNIA (FARADIBA, 2018)

PROFIL URBAN KOTA BANDA ACEH (Dimas Alifiansyah, 2016)

KONSUMSI MASYARAKAT URBAN DI KOTA BANDA ACEH (Muhammad Aulia Rezky, 2017)

TRANSFORMASI URBAN DI WILAYAH PERI URBAN (STUDI KASUS WILAYAH BANDA ACEH DAN ACEH BESAR) (Muhibuddin, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy