//

KONSENTRASI HAMBAT DAN BUNUH MINIMUM EKSTRAK BUAH JAMBLANG (Syzygium cumini) TERHADAP PERTUMBUHAN Candida albicans

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zulfa Rusiwan - Personal Name
SubjectDENTAL DISEASES
FUNGUS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Zulfa Rusiwan Program Studi : Kedokteran Gigi Judul : Konsentrasi Hambat dan Bunuh Minimum Ekstrak Buah Jamblang (Syzygium cumini) terhadap Pertumbuhan Candida albicans. Kandidiasis oral merupakan suatu infeksi jamur di rongga mulut yang paling sering disebabkan oleh Candida albicans (C. albicans). Ada beberapa obat antijamur yang dapat digunakan untuk perawatan kandidiasis oral, namun harganya tergolong mahal dan berisiko terjadinya efek samping seperti mual, nyeri, dan terjadinya resistensi obat antijamur. Alternatif lain yang sering digunakan oleh masyarakat untuk mengobati penyakit akibat infeksi mikroorgamisme adalah obat-obat yang berasal dari tanaman herbal. Salah satu tanaman herbal yang memiliki kasiat antijamur adalah buah jamblang (Syzygium cumini). Penelitian ini menggunakan metode Standart Plate Count (SPC) untuk melihat KHM dan KBM ekstrak buah jamblang terhadap pertumbuhan candida albicans. Buah jamblang diekstraksi dengan metode sokletasi dan dibuat pengenceran bervariasi yaitu 25, 50, 75, dan 100%. Candida albicans yang telah dikultur pada media SDA dipaparkan dengan ekstrak dan diinkubasi pada suhu 370C selama 48 jam. Hasil penelitian menggunakan uji analisis Anova One-Way menunjukkan bahwa ekstrak Syzygium cumini berpengaruh terhadap pertumbuhan C. albicans. Konsentrasi terkecil terjadinya penurunan pertumbuhan koloni C.albicans adalah ekstrak Syzygium cumini pada konsentrasi 25%, sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai KHM terdapat pada konsentrasi 25% dan KBM pada konsentrasi 100%. Kata kunci : Konsentrasi Hambat Minimum (KHM), Konsentrasi Bunuh Minimum (KBM), Ekstrak Syzygium cumini, Candida albicans

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH EKSTRAK BUAH JAMBLANG (SYZYGIUM CUMINI) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS SEBAGAI PENYEBAB KANDIDIASIS RONGGA MULUT SECARA IN VITRO (FITRI YUNITA SARI, 2015)

KONSENTRASI HAMBAT DAN BUNUH MINIMUM EKSTRAK DAUN JAMBLANG (SYZYGIUM CUMINI) TERHADAP PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (DARA MEUTIA N, 2018)

KONSENTRASI HAMBAT MINIMUM (KHM) DAN BUNUH MINIMUM (KBM) EKSTRAK SERAI (CYMBOPOGON CITRATUS) TERHADAP PERKEMBANGAN CANDIDA ALBICANS (NUR RAHMANIA, 2017)

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI SEDIAAN OBAT KUMUR EKSTRAK ETANOL DAUN JAMBLANG (SYZYGIUM CUMINI (L.)) TERHADAP STREPTOCOCCUS MUTANS ATCC 35175 (RAZITA SHAVIRA, 2020)

KONSENTRASI HAMBAT MINIMUM DAN BUNUH MINIMUM EKSTRAK ETANOL RIMPANG KENCUR (KAEMPFERIA GALANGA L.) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS (ATHIA FAHRANI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy