//

GAMBARAN DUKUNGAN KELUARGA DALAM MENINGKATKAN KESEHATAN JIWA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BLANG BINTANG ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hesti Maqfirah - Personal Name
SubjectFAMILY SUPPORT
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas keperawatan universitas syiah kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Lanjut usia merupakan tahap akhir dari siklus kehidupan. Di Indonesia terjadi peningkatan jumlah lansia dan peningkatan tersebut akan diikuti dengan meningkatnya permasalah kesehatan, salah satunya masalah kesehatan jiwa. Hal ini dikarenakan fungsi fisik menurun, perubahan psikososial, finansial menurun, dan menurunnya nilai kekerabatan sehingga sangat dibutuhkan dukungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran dukungan keluarga dalam meningkatkan kesehatan jiwa lansia yang dilakukan pada tanggal 29 Mei- 4 Juni 2017. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengisian kuesioner yang terdiri dari kuesioner data demografi dan kuesioner dukungan keluarga dengan wawancara terpimpin. Jumlah populasi adalah 969 orang dan sampel yang diambil sebanyak 100 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik proportional stratified sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa populasi terbanyak dukungan keluarga dalam meningkatkan kesehatan jiwa lansia berada pada kategori baik (51%). Dari empat komponen dukungan keluarga diperoleh dukungan informasional berada pada kategori baik (65%), dukungan instrumental berada pada kategori baik (69%), dukungan penilaian berada pada kategori baik (61%), dan dukungan emosional juga berada pada kategori baik (52%). Untuk Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan metode korelatif atau quasy experiment.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DUKUNGAN DAN KARAKTERISTIK KELUARGA YANG MERAWAT DENGAN PEMENUHAN NUTRISI PADA LANSIA DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS ULEE KARENG BANDA ACEH (Nuri Nazari, 2016)

PENGARUH DUKUNGAN REKAN KERJA DAN DUKUNGAN SUPERVISOR SERTA DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP WORK-TO-FAMILY ENRICHMENT DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN KERJA RNPADA BLUD RUMAH SAKIT JIWA ACEH (PIPI BUPITASARI, 2014)

HUBUNGAN FUNGSI KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI KABUPATEN ACEH BESAR (SARAH NADYA, 2019)

STUDI KOMPARATIF KINERJA KADER POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BLANG BINTANG DENGAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM (SARINI VIVI YANTI, 2016)

GAMBARAN DUKUNGAN KELUARGA DALAM MENINGKATKAN KESEHATAN JIWA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BLANG BINTANG ACEH BESAR (Hesti Maqfirah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy