//

KONTRIBUSI USAHA TELUR ASIN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA (SUATU STUDI DI KECAMATAN SEUNAGAN, KABUPATEN NAGAN RAYA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zuhrial Fazlul - Personal Name
SubjectINCOME - AGRICULTURAL INDUSTRIES
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Zuhrial Fazlul. 2016. Kontribusi Usaha Telur Asin Terhadap Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga di Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. (1) Drs. Amrusi, M.Si., (2) Zulfadhli, S.Pd., M.Pd., M.Si. Kata Kunci: Kontribusi Usaha Telur Asin, Pendapatan Rumah Tangga Perkembangan usaha kecil merupakan jalur pemerataan yang sangat efektif dalam mencapai pemerataan dan mengejar pertumbuhan ekonomi di sektor usaha kecil. Dalam menjalankan usaha kecil tersebut diperlukan adanya pengorbanan atau biaya yang dikeluarkan dalam memproduksi barang yang dihasilkan dari usaha kecil yang dapat disebut dengan industri rumah tangga. Masyarakat sering dihadapkan pada hambatan/tantangan dalam pengolahan usaha sehingga belum mampu untuk dijadikan sebuah usaha yang lebih besar. Oleh karena itu penulis ingin melihat apa hambatan/tantangan yang dihadapi oleh masyarakat yang mengolah telur asin yang ada di Kecamatan Seunagan. Serta konstribusi dari usaha tersebut terhadap pendapatan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah ke 6 pengrajin telur asin dan objek penelitian adalah usaha telur asin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ke 6 pengrajin memperoleh kontribusi sebagai sumber pendapatan sampingan mereka. Bapak Hasan Tudi memperoleh sebesar 53,25%, Bapak Agus Salim memperoleh sebesar 53,43%, Bapak Fajar Aulia memperoleh sebesar 43,32%, Bapak Abdul Gani memperoleh sebesar 51,59%, Ibu Iin Riska memperoleh sebesar 52,12%, Ibu Lisa Fitria memperoleh sebesar 33,43% dari usaha telur asin. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah rata-rata kontribusi pengrajin usaha telur asin adalah sebesar 47,85% dari usaha telur asin. Hambatan yang dihadapi pengrajin adalah keterbatasan modal, rendahnya ilmu pengetahuan yang dihadapi pengrajin dalam mengelola usaha telur asin.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTRIBUSI USAHATANI KAKAO TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI DESA REULEUT KECAMATAN ULIM KABUPATEN PIDIE JAYA (ERNI LISTIA, 2016)

MOTIF DAN KONTRIBUSI PENDAPATAN PEREMPUAN PEDAGANG IKAN ASIN TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI RUMAH TANGGA NELAYAN LAYEUN KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR (Muhammad Rizki Aulia, 2018)

KONTRIBUSI ISTRI PETAMBAK DALAM PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI DESA LAMBARO SKEP KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (NANA HANDAYANI, 2020)

PERILAKU SADAR GIZI IBU RUMAH TANGGA DI DESA SERBAGUNA KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (Nova DianSari EkaNingsih, 2016)

KERAGAMAN REPRODUKSI KERBAU LOKAL BETINA PADA KONDISI PETERNAKAN RAKYAT DI KECAMATAN SEUNAGAN TIMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (MUTAWALLI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy