ANALISIS PERILAKU ALTRUISME PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN BABUN NAJAH BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS PERILAKU ALTRUISME PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN BABUN NAJAH BANDA ACEH


Pengarang

Dina Mahmuliana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206104030013

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

297.77

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Dina Mahmuliana. Analisis Perilaku Altruisme Pada Santri di Pondok










Kata Kunci : Altruisme

Perilaku altruisme merupakan sikap kepedulian dan mau membantu meskipun tidak adanya keuntungan yang ditawarkan atau tidak adanya harapan untuk mendapatkan imbalan, namun akibat pengaruh globalisasi dalam berbagai sendi kehidupan manusia telah mulai menghilangkan nilai-nilai kemanusian yang di miliki, termasuk santri di pondok pesantren, berupa nilai-nilai atau kebiasaan saling tolong-menolong sesama teman secara ikhlas menjadi sikap yang tidak baik yaitu mementingkan diri sendiri.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku altruisme santri di pondok Pesantren Modern Babun Najah Banda Aceh dan untuk mengetahui faktor penyebab timbulnya perilaku altruisme pada santri di pondok Pesantren Modern Babun Najah Banda Aceh. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 orang santri. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data (display data) dan menarik kesimpulan.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa perilaku altruisme masih dimiliki oleh sebahagian santri seperti mau menolong temannya yang sedang kesulitan, sedih melihat temannya yang kesusahan dan rela memberikan apa yang dimiliki untuk orang lain walaupun dirinya juga sedang membutuhkan, namun pada santri lainnya perilaku ini tergolong kurang seperti mementingkan dirinya sendiri, enggan untuk menolong teman yang kesulitan serta tidak pernah sungguh - sungguh dalam memberikan pertolongan, dengan begitu santri masih membutuhkan bimbingan, arahan dan pengembangan agar perilaku tersebut dapat dimiliki oleh seluruh santri yang menetap di pondok pesantren, sehingga terciptalah kepribadian yang berbudi luhur dan bertanggung jawab. Beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku altruisme pada santri, diantaranya orang tua dan kepribadian santri itu sendiri.














vii

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK