PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING BERINTEGRASI KEGIATAN LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI DINAMIKA PARTIKEL DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING BERINTEGRASI KEGIATAN LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI DINAMIKA PARTIKEL DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH


Pengarang

Hera Haslia - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206103030024

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Haslia, Hera. 2017. Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Berintegrasi Kegiatan Laboratorium untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Dinamika Partikel di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuliah.
Pembimbing :

(1) Drs. Tarmizi, M.Pd., (2) Dra. Elisa Kasli, M. Si.

Kata Kunci: Metode Inkuiri Terbimbing, Kegiatan Laboratorium, Hasil Belajar

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi dinamika partikel dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing berintegrasi kegiatan laboratorium di kelas X MIPA-4 SMA Negeri 3 Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru mengelola pembelajaran serta respon siswa di kelas X MIPA-4 terhadap pembelajaran dengan metode inkuiri terbimbing berintegrasi kegiatan laboratorium.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistik deskriptif, sedangkan jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebanyak tiga siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA-4 SMA Negeri 3 Banda Aceh yang berjumlah 28 siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes tertulis, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan kemampuan guru, dan lembar respon siswa terhadap pembelajaran. Data penelitian dianalisis menggunakan uji persentase.
Hasil analisis data, menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri terbimbing berintegrasi kegiatan laboratorium dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa juga sudah memperlihatkan keterlaksanaan menggunakan metode inkuiri berintegrasi kegiatan laboratorium, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran menunjukkan peningkatan dari siklus I hingga siklus III dan respon siswa setelah diterapkan metode metode inkuiri berintegrasi kegiatan laboratorium selama tiga siklus adalah positif. Berkenaan dengan hal ini, penerapan metode inkuiri berintegrasi kegiatan laboratorium terbukti dapat dijadikan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatakan hasil belajar siswa, sehingga diharapkan penggunaan metode inkuiri berintegrasi kegiatan laboratorium dapat dipertahankan oleh guru dalam proses belajar mengajar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK