//

GAMBARAN KARAKTERISTIK DAN KINERJA KADER KESEHATAN BERDASARKAN TINGKAT PERKEMBANGAN POSYANDU DALAM WILAYAH KERJA PUSKESMAS DI KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang nana rahmita - Personal Name
SubjectPUBLIC HEALTH - MEDICINE
MEDICAL PERSONNEL
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas keperawatan universitas syiah kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Capaian pelayanan Posyandu dapat dibedakan berdasarkan tingkat perkembangan yang berkaitan erat dengan kapasitas dan kemampuan kader. Tujuan penelitian untuk mengetahui karakteristik dan kinerja kader kesehatan pada Posyandu Mandiri, Purnama, dan Madya. Penelitian menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan Cross Sectional Study. Populasi berjumlah 233 orang kader posyandu Puskesmas Darul Imarah kabupaten Aceh Besar terpilih 79 responden menggunakan rumus Slovin dan proportional random sampling untuk merespon kuisioner dengan wawancara terpimpin. Karakteristik kader, umur dewasa awal pada Mandiri (50%) dan Madya (59%) serta Purnama umur dewasa madya (61,8%). Pendidikan, Mandiri tinggi (66,7%); menengah pada Purnama (70,6%) dan Madya (59%). Status Pekerjaan, Mandiri (66,7%) bekerja, dan tidak bekerja pada Purnama (100%) dan Madya (97,4%). 100% kader pernah mendapat insentif. Pelatihan, Mandiri (66,7%) dan Madya (74,4%) berada pada kategori cukup, dan Purnama (85,3%) pada kategori kurang. Lama kerja, Mandiri (66,7%) selama 6-10 tahun, Purnama (50%) dan Madya (53,8%) selama 2-5 tahun. 100% kader memiliki kinerja tinggi dengan pengetahuan untuk Mandiri (100%), Purnama (76,5%), Madya (74,4%) berada pada kategori baik. Sikap kader, Mandiri (100%), Purnama (85,3%), Madya (53,8%) kategori positif. Motivasi, Mandiri dan Purnama (100%), Madya (94,9%) kategori tinggi. Rekomendasi pada Puskesmas agar meningkatkan pelatihan yang mampu mendorong kader lebih aktif untuk meningkatkan perkembangan posyandu.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN KARAKTERISTIK DAN KINERJA KADER KESEHATAN BERDASARKAN TINGKAT PERKEMBANGAN POSYANDU DALAM WILAYAH KERJA PUSKESMAS DI KABUPATEN ACEH BESAR (nana rahmita, 2017)

PERAN KADER DALAM KEGIATAN POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Pathul Barri, 2016)

PENGETAHUAN DAN PERAN KADER POSYANDU TENTANG GIZI BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (MUHAMMAD SAYUTHI, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, DANA INSENTIF, KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA DENGAN PARTISIPASI KADER DALAM PELAKSANAAN POSYANDU DIWILAYAH PUSKESMAS KUTABLANG KABUPATEN BIREUEN (Yanti, 2015)

MANAJEMEN PELAYANAN POSYANDU DI WILAYAH RNKERJA PUSKESMAS MONTASIKRNKABUPATEN ACEH BESAR (MUNANDAR, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy