PENGARUH IKLAN POLITIK BALIHO SEBAGAI BAGIAN DARI STRATEGI KAMPANYE “T. IRWAN DJOHAN” PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH IKLAN POLITIK BALIHO SEBAGAI BAGIAN DARI STRATEGI KAMPANYE “T. IRWAN DJOHAN” PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014


Pengarang

Regina Yulandari - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1110103010083

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Politik (S1) / PDDIKTI : 67201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRACT
REGINA YULANDARI
2017 THE INFLUENCE OF POLITICAL ADVERTISING OF BILLBOARD S A PART OF CAMPAIGN STRATEGY OF “T. IRWAN DJOHAN” IN LEGISLATIVE ELECTION OF BANDA ACEH CITY IN 2014
Faculty of social and Political Sciences of Syiah Kuala University (viii, 117), pp., bibl., app
Zainal abidin, SH., M. Si MH


Political advertising is a very promising campaign strategy and becomes a mainstay campaign strategy for every candidate. It is because by political advertising especially billboard the citizens can assess the character of candidates although they do not meet face to face directly. The example was T. Irwan Djohan who used political advertising of billboard as a part of this campaign strategy in legislative election of Banda Aceh City in 2014. This research aimed to determine how effective the influence of political advertising of billboard used by T. Irwan Djohan to win legislative election and to determine the factors causing citizens to vote for T. Irwan Djohan in legislative election of Banda Aceh City in 2014. This study used qualitative method with descriptive approach. The data were collected by primary and secondary sources. The primary data were collected by field research namely through informant interview, while secondary data were collected by primary and secondary sources.. the primary data were collected by field research namely through informan interview, while secondary data were collected by literature research namely through documents, books, and related reading materials. The result of the research indicated that the influence of political advertising of billboard as a part of campaign strategy of T. Irwan Djohan in legislative election of Banda Aceh city in 2014 gave a very effective influence to society or voters. As the result,T. Irwan Djohan could win the legislative election of 2014. The factor causing citizen to vote for T. Irwan Djohan in legislative election of 2014 were because first, the approach of T. Irwan Djohan to the society through campaign rated very good and amiable by society. Second, viewed by his track record of the past, T. Irwan Djohan was from Mayor Jendral H. Teuku Djohan who had ever served in some important position in Aceh.third, the political messages conveyed by T. Irwan Djohan appreciated very good and impressed not to compel. It is advisable for T. Irwan Djohan to be able to incrase self-quality in the future both in accountability to society and in giving good contributions for society especially society of Banda Aceh City.


Keywords : Influence of Political Advertising of Billboard, Legislative Election of Banda Aceh City in 2014

ABSTRAK
REGINA YULANDARI
2017 PENGARUH IKLAN POLITIK BALIHO SEBAGAI BAGIAN DARI STRATEGI KAMPANYE “T. IRWAN DJOHAN” PADA PEMILU LEGISLATIF DI KOTA BANDA ACEH TAHUN 2014
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala (viii, 117), pp., bibl., app
Zainal abidin, SH., M. Si

Iklan politik merupakan strategi kampanye yang sangat menjanjikan dan menjadi strategi kampanye andalan bagi setiap calon kandidat. Karena dengan iklan politik khususnya baliho masyarakat bisa menilai karakter calon kandidat walaupun tidak bertatap muka langsung. Seperti T. Irwan Djohan yang menggunakan iklan politik baliho sebagai bagian dari strategi kampanye beliau pada pemilu legislatif di Kota Banda Aceh tahun 2014. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektif pengaruh iklan politik baliho yang digunakan oleh T. Irwan Djohan dalam memenangkan pemilu legislatif, serta untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan masyarakat memilih T. Irwan Djohan pada pileg di Kota Banda Aceh tahun 2014. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui sumber data primer dan sekunder, data primer melalui penelitian lapangan yaitu dengan wawancara informan. Sedangkan data sekunder melalui penelitian kepustakaan yaitu dengan dokumen-dokumen, buku-buku dan bacaan-bacaan terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh iklan politik baliho sebagai bagian dari strategi kampanye T. Irwan Djohan pada pileg di Kota Banda Aceh tahun 2014, memberikan pengaruh yang sangat efektif terhadap masyarakat atau pemilih. Sehingga T. Irwan Djohan dapat memenangkan pileg pada tahun 2014. Adapun faktor yang menyebabkan masyarakat memilih T. Irwan Djohan pada pileg 2014 diantaranya karena pertama, pendekatan T. Irwan Djohan kepada masyarakat melalui kampanye dinilai sangat baik dan ramah oleh masyarakat. Kedua, dilihat dari rekam jejak masa lalunya T. Irwan Djohan merupakan dari Alm. Mayor Jendral H. Teuku Djohan yang juga pernah menjabat beberapa jabatan penting di Aceh. Ketiga, pesan-pesan politik yang disampaikan T. Irwan Djohan melalui iklan politik balihonya juga menarik simpati masyarakat yang dinilai sangat bagus dan terkesan tidak memaksa. Kepada T. Irwan Djohan diharapkan agar dapat meningkatkan kualitas diri pada masa mendatang baik dalam pertanggungjawaban kepada masyarakat serta memberikan kontribusi yang baik bagi masyarakat Kota Banda Aceh khususnya.

Kata kunci : Iklan Politik Baliho, Pemilu legislatif tahun 2014

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK