//

DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP IBU DALAM MELAKSANAKAN IMUNISASI PADA BALITA DI KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YUNI AZZAHRA - Personal Name
SubjectCHILDREN - CARE AND HYGIENE
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas keperawatan universitas syiah kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Keluarga merupakan sumber dukungan yang penting bagi ibu. Adanya dukungan keluarga dapat mempengaruhi ibu dalam mengikutsertakan anaknya dalam pemberian imunisasi. Imunisasi merupakan usaha memberikan kekebalan pada anak agar terhindar dari penyakit tertentu. Angka pencapaian imunisasi dasar lengkap pada balita di wilayah Aceh Besar belum mencapai target yang ditetapkan pemerintah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dukungan keluarga terhadap ibu dalam melaksanakan imunisasi pada balita. Jenis penelitian deskriptif dan desain penelitian cross sectional dengan populasi ibu dengan balita yang terdaftar sebagai peserta kegiatan Posyandu di Aceh Besar sebanyak 58 ibu orang. Teknik pengambilan sampel purposive sampling, sebanyak 50 responden. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 28 Mei 2017 sampai 02 Juni 2017 . Alat pengumpulan data berupa kuesioner dengan teknik pengumpulan data self report. Dukungan keluarga ditinjau dari dukungan instrumental sebanyak 26 responden (52%), dukungan penilaian sebanyak 27 responden (54%), dukungan emosional sebanyak 29 responden (58%) dan dukungan informasional sebanyak 32 responden (64%) dan setiap variabel dukungan sebagian besar berada pada kategori tinggi. Melalui penelitian ini diharapkan adanya koordinasi dengan dengan Puskesmas setempat, memodifikasi teknik penyuluhan dan mengevaluasi penyuluhan berdasarkan feed back dari masyarakat guna meningkatkan capaian imunisasi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERSONAL HYGIENE ANAK USIA SEKOLAH (6-12 TAHUN)DI SD SEUMET MONTASIK ACEH BESAR TAHUN 2014 (Amatallah, 2014)

PENGARUH PSIKOEDUKASI TERHADAP PENGETAHUAN, TINGKAT ANSIETAS, DAN MEKANISME KOPING ADAPTIF KELUARGA DALAM PEMBERIAN IMUNISASI DI KABUPATEN ACEH BESAR (MELA HAYANI, 2020)

HUBUNGAN JUMLAH PENDAPATAN KELUARGA DAN KELENGKAPAN IMUNISASI DASAR DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BALITA DI KABUPATEN PIDIE (SUKMA JUWITA, 2019)

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU, STATUS GIZI, DAN STATUS IMUNISASI DASAR TERHADAP KESEHATAN BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUL KAMAL TAHUN 2013 (Elida Rosa Agustina , 2016)

HUBUNGAN PERSONAL HYGIENE IBU DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATOH BANDA ACEH (Terah Imanuel Mirino, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy