HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI DUNIA KERJA PADA FRESH GRADUATE UNIVERSITAS SYIAH KUALA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI DUNIA KERJA PADA FRESH GRADUATE UNIVERSITAS SYIAH KUALA


Pengarang

T M Noor Rachmadhy - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1007101130029

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Psikologi (S1) / PDDIKTI : 73201

Subject
Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Persaingan di dunia kerja pada era modern sekarang ini semakin sulit, fenomena tersebut berdampak pada pengangguran yang semakin meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut menyebabkan kecemasan pada fresh graduate yang baru memasuki dunia kerja. Diketahui salah satu faktor yang dapat meminimalisirkan kecemasan pada fresh graduate adalah adversity quotient. Hal ini memungkinkan fresh graduate mampu mengatasi kesulitan terkait persaingan dunia kerja. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara adversity auotient dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada fresh graduate Universitas Syiah Kuala. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah incidental sampling. Sampel penelitian berjumlah 257 fresh graduate (120 laki-laki dan 137 perempuan). Pengumpulan data menggunakan skala Adversity Quotient yang disusun oleh Khairiyah (2016) dan skala kecemasan menghadapi dunia kerja yang disusun oleh Nugroho (2010). Analisis data menggunakan teknik korelasi Pearson yang menunjukkan nilai koefisien korelasi (r) = -0,598 dengan nilai signifikansi (p) = 0,000 (p < 0,05) sehingga dapat diartikan bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikasn antara adversity quotient dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada fresh graduate Universitas Syiah Kuala dan hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Kata kunci: Adversity quotient, Kecemasan menghadapi dunia kerja, Fresh graduate

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK