//

HUBUNGAN BEHAVIOR-SPECIFIC COGNITIONS AND AFFECT DALAM PENGGUNAAN ALAT PERLINDUNGAN DIRI DENGAN MASALAH KESEHATAN DAN KECELAKAAN KERJA PADA PETUGAS KEBERSIHAN DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SYARIFAH YETI FAKHRINA - Personal Name
SubjectHEALTH PERSONAL
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas keperawatan universitas syiah kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Tingginya angka masalah kesehatan dan kecelakaan kerja di provinsi Aceh, khususnya pada petugas kebersihan membutuhkan perhatian khusus dan upaya pencegahan intensif. Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah penggunaan alat perlindungan diri untuk mencegah masalah kesehatan dan keselamatan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan behavior-specific cognitions and affect dalam penggunaan alat perlindungan diri (APD) dengan masalah kesehatan dan kecelakaan kerja pada petugas kebersihan di Kota Banda Aceh. Behavior-specific cognitions and affect (BSCA) yang diukur adalah persepsi manfaat, persepsi hambatan, persepsi kemampuan diri, sikap, pengaruh hubungan interpersonal dan pengaruh situasional dalam penggunaan APD. Penelitian ini berdesain descriptive correlative dengan pendekatan cross sectional. Responden penelitian ini adalah 96 petugas kebersihan yang direkrut dengan metode stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner self-report, meliputi kuesioner untuk mengukur masalah kesehatan dan kecelakaan kerja, dan mengukur BSCA dalam penggunaan APD. Hasil pengolahan data menunjukkan sebagian besar responden mengalami masalah kesehatan dan kecelakaan pada kategori tinggi (53,1%), namun tidak ada hubungan yang signifikan antara BSCA dalam penggunaan APD dengan masalah kesehatan dan kecelakaan kerja pada petugas kebersihan di Kota Banda Aceh. Hal ini menekankan bahwa intervensi pencegahan masalah kesehatan dan kecelakaan kerja, khususnya kepatuhan dalam penggunaan APD, harus melibatkan semua petugas kebersihan tanpa perlu membedakan kelompok petugas dengan karakteristik BSCA tertentu.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI DENGAN KEJADIAN KECELAKAAN KERJA DI DINAS PEMADAM KEBAKARAN KOTA BANDA ACEH (Vawwaz Qastal, 2019)

ANALISIS POLA HIDUP SEHAT PETUGAS DINAS LINGKUNGAN HIDUP, KEBERSIHAN DAN KEINDAHAN KOTA (DLHK3) BANDA ACEH (MAULIZAR CHALGIR, 2019)

HUBUNGAN PERAN GURU, ORANG TUA DAN PETUGAS KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP MURID-MURID MIN TUNGKOB TENTANG PERSONAL HYGIENE DAN SANITASI (Yuananda Aditya S, 2021)

HUBUNGAN PERILAKU MASYARAKAT DENGAN TINGKAT KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS BLANG BINTANG ACEH BESAR (wildan yusuf, 2015)

TINJAUAN K3 DAN EFEKTIFITAS ALAT PELINDUNG DIRI PADA PROSES PENAMBANGAN (M.alief Giffari A.s, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy