//

ANALISIS DAMPAK KETIMPANGAN PERTUMBUHAN EKONOMI WILAYAH TERHADAP KEMISKINAN DI WILAYAH BARAT SELATAN PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yuwanda Irmiyanti - Personal Name
SubjectECONOMIC GROWTH
GOVERMENT EXPENDITURES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ANALISIS DAMPAK KETIMPANGAN PERTUMBUHAN EKONOMI WILAYAH TERHADAP KEMISKINAN DI WILAYAH BARAT SELATAN PROVINSI ACEH Oleh Yuwanda Irmiyanti / Agribisnis Universitas Syiah Kuala ABSTRAK Kesejahteraan suatu wilayah dapat di lihat dari besarnya PDRB per kapita serta peran sektor-sektor di dalamnya sehingga menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi di setiap daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak ketimpangan pertumbuhan ekonomi wilayah terhadap kemiskinan di Wilayah Barat Selatan Provinsi Aceh yang di lihat dari tingkat PDRB per kapita. Tingkat ketimpangan pertumbuhan ekonomi di analisis dengan menggunakan ukuran koefisien variasi dari logaritma PDRB atas harga konstan 2000 dan koefisien variasi dari masing-masing variabel pertumbuhan penduduk serta kontribusi sektor industri. Adapun tingkat kecenderungan ketimpangan pertumbuhan ekonomi dianalisis secara deskriptif menggunakan rumus Indeks Williamson. Hasil dari analisis menunjukkan perekonomian di 5 Kabupaten Wilayah Barat Selatan Provinsi Aceh selama kurun waktu 2009-2015 mengalami tingkat ketimpangan sedang sampai dengan tingggi (IW 0,38-0,62). Dari 2 variabel yang di duga mempengaruhi ketimpanganpertumbuhanekonomi wilayah maka faktor yang signifikan adalah faktor kontribusi sektor industri, sedangkan faktor pertumbuhan penduduk tidak berpengaruh terhadap ketimpangan pertumbuhan ekonomi wilayah. Hal ini disebabkan oleh penyerapan tenaga kerja yang masih tinggi. Hasil penelitian ini juga di simpulkan bahwa bahwa semakin tinggi ketimpangan pertumbuhan ekonomi wilayah maka akan berdampak pada tingginya persentase penduduk miskin di masing-masing wilayah. Kata Kunci: Ketimpangan Pertumbuhan Ekonomi, Fator-faktor Ketimpangan, Indeks Williamson.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KEMISKINAN DI WILAYAH SUMATERA (MAULIZAR SARI, 2020)

ANALISIS KETIMPANGAN WILAYAH DAN PERTUMBUHAN EKONOMI ANTARA KABUPATEN INDUK DAN PEMEKARANNYA DI PROVINSI ACEH (SULASMI, 2020)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMEPENGARUHI KETIMPANGAN PEREKONOMIAN KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH (Fajri Hadi, 2015)

KETIMPANGAN PENDAPATAN PROVINSI DI INDONESIA: ANALISIS DATA PANEL (RAUDHATIL WIRDA. Z, 2019)

PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR WILAYAH DAN KETIMPANGAN PDRB DAERAH DI INDONESIA (Tuahman Sipayung, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy