//

KERAGAMAN SPESIES LALAT BUAH (DIPTERA: TEPHRITIDAE) PADA JERUK LEMON DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Zarra Fazia - Personal Name
SubjectFRUIT FLIES
MANGOES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK KERAGAMAN SPESIES LALAT BUAH (DIPTERA: TEPHRITIDAE) PADA JERUK LEMON DIKECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR Lalat buah (Diptera: Tephritidae) merupakan hama yang penting pada berbagai tanaman pertanian. Kehilangan hasil yang diakibatkan oleh serangga hama lalat buah berkisar antara 30-100%. Informasi tentang keberadaan jenis- jenis lalat buah yang ada di suatu daerah perlu diketahui dan dilaporkan sebagai langkah awal pengendalian, misalnya jenis lalat buah pada buah jeruk lemon yang dibudidayakan di Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman dan kelimpahan populasi lalat buah yang menyerang pertanaman jeruk lemon yang dibudidayakan secara monokultur dan polikultur. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Teladan Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar dan dilanjutkan dengan indentifikasi lalat buah di Laboratorium Ilmu Hama Tumbuhan Fakultas Pertanian. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Desember 2016- Mei 2017. Hasil identifikasi lalat buah yang menyerang jeruk lemon yang dibudidayakan secara monokultur dan polikultur adalah lalat buah dari genus Bactrocera. Hasil identifikasi menunjukkan ada 8 spesies lalat buah yaitu: B. dorsalis, B. papaya, B. carambolae, B. sp 1, B. sp 2, B. sp 3, B. sp 4, B. sp 5. Indeks keragaman lalat buah pada lahan monokultur dan polikultur pada pertanaman jeruk lemon tergolong tidak stabil

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INVENTARISASI JENIS LALAT BUAH(DIPTERA: TEPHRITIDAE) YANG MENGUNJUNGI TANAMAN MANGGA (MANGIFERA INDICA) (mustika, 2015)

PERSEBARAN DAN KERAGAMAN LALAT BUAH (DIPTERA: TEPHRITIDAE) PADA PASAR TRADISIONAL DI KOTA BANDA ACEH DAN SEKITARNYA (Cut Diah Permata Syibrah Noera, 2018)

INVENTARISASI LALAT BUAH (DIPTERA: TEPHRITIDAE) PADA TANAMAN BUAH PEKARANGANRN DI KOTA JANTHO, ACEH BESAR (Lia Arianti, 2015)

KAJIAN KEKAYAAN JENIS DAN DISTRIBUSI SPASIAL LALAT BUAH (DIPTERA: TEPHRITIDEA) PADA TANAMAN INANG DI KOTA BANDA ACEH (Cut Januarita, 2019)

KERAGAMAN LALAT PENGHISAP DARAH SEBAGAI VEKTOR POTENSIAL TRYPANOSOMA EVANSI DI DAERAH PEGUNUNGAN DAN PESISIR DI KABUPATEN ACEH BESAR (Raja Rachmarenca, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy