ANALISIS FAKTOR-FAKTOR DALAM MEMPENGARUHI KECEMASAN BERKOMUNIKASI DI DEPAN PUBLIK (STUDI PADA MAHASISWA FISIP DAN FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR DALAM MEMPENGARUHI KECEMASAN BERKOMUNIKASI DI DEPAN PUBLIK (STUDI PADA MAHASISWA FISIP DAN FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA)


Pengarang

Hidayatullah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1110102010135

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Subject
Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSIAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

302.2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul “Analisis Faktor-Faktor Dalam Mempengaruhi Kecemasan Berkomunikasi di Depan Publik dengan (Studi pada mahasiswa FISIP dan FKIP Universitas Syiah Kuala Banda Aceh). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kecemasan berkomunikasi di depan publik dan faktor apa saja yang mengakibatkan timbulnya kecemasan berkomunikasi pada mahasiswa FISIP dan FKIP Universitas Syiah Kuala. Teori yang digunakan pada penelitian ini teori sosiopsikologis sifat atau kecemasan sosial dari Stephen W. Little Jhon yang membahas cara berpikir, merasakan, dan bertingkah laku terhadap situasi khususnya saat berkomunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Data penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat bermacam bentuk kecemasan komunikasi pada mahasiswa FISIP dan FKIP Universitas Syiah Kuala ketika berkomunikasi di depan publik yang berupa gugup, keringat dingin dan gemetaran yang pada akhirnya bentuk kecemasan itu mengakibatkan mereka menjadi terbata-bata dalam berbicara dan tidak fokus sehingga sulit untuk menyampaikan pesan-pesan kepada audiens. Terdapat tiga faktor yang menimbulkan kecemasan tersebut, antara lain faktor kurangnya persiapan dan pengalaman, faktor lingkungan dan faktor audiens. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa FISIP dan FKIP Universitas Syiah Kuala memiliki cara masing-masing mengatasi kecemasan berkomunikasi di depan publik, mulai dari berlatih dan mempersiapkan bahan sebaik mungkin, berani untuk tampil dan tidak takut salah, memberikan jeda waktu kepada diri sendiri ketika sedang berbicara sampai hanya fokus pada laptop atau teks ketika mereka berbicara di depan umum. Hal tersebut dapat dimaklumi karena latar belakang dan pengalaman mereka berbeda-beda dalam berbicara di depan umum sehingga cara mereka untuk mengurangi bentuk kecemasannya juga beragam.

Kata Kunci: Kecemasan Berkomunikasi di Depan Publik, Komunikasi Massa

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK