//

EKSISTENSI PARTAI POLITIK LOKAL DI ACEH (SUATU KAJIAN TERHADAP PARTAI DAULAT ACEH PADA TAHUN 2009)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Feisal Akbar - Personal Name
SubjectPOLITICAL-PARTIES
POLITICS-DEVELOPMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSIAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK FEISAL AKBAR 2017 Eksistensi Partai Politik Lokal di Aceh (Suatu Kajian Terhadap Partai Daulat Aceh) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala (Dr. Mujibussalim, SH,.M,Hum) (vii,58),pp.,bibl,.App. Nota kesepahaman antara GAM dan RI menandakan kilas baru sejarah perpolitikan di Aceh, salah satu poin dari kesepahaman tersebut membolehkan masyarakat Aceh mendirikan partai politiknya sendiri, dalam hal ini, PDA adalah salah satu partai politik lokal berlandaskan keislaman yang ada di Aceh, partai ini didirikan oleh para ulama, santri dayah dan tokoh masyarakat. Pada tahun 2009 dan 2014 PDA hanya mendapatkan satu kursi di parlemen Aceh, hal ini membuat PDA tidak melewati syarat elecktoral treeshold, fenomena ini bertolak belakang dengan keadaan yang semestinya terjadi, seharusnya para ulama menjadi pilihan yang rasional untuk mewakili aspirasi masyarakat Aceh di parlemen. Tujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan ketidakpercayaan masyarakat aceh terhadap PDA. Mengetahui strategi PDA kedepan terkait eksistensinya sebagai partai politik lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui sumber data primer dan data skunder, data primer melalui penelitian lapangan yaitu dengan wawancara informan. Sedangkan data skunder melalui penelitian kepustakaan yaitu dengan dokumen-dokumen, buku-buku dan bacaan-bacaan terkait. Hasil penelitian menunjukkan faktor yang menyebabkan kurangnya kepercayaan masyarakat Aceh terhadap PDA dalam hal ini PDA perlu melakukan branding partai agar mendapatkan kepercayaan masyarakat dan terobosan baru agar PDA dapat menimbulkan rasa percaya masyarakat terhadap partai tersebut. Adapun strategi PDA terkait eksistensinya sebagai partai politik lokal adalah membangun komitmen dalam mengawal proses pemilihan, Karena PDA mendapatkan banyak kecurangan di lapangan, PDA mengalami banyak kecolongan suara, jika tampa kecurangan seharusnya PDA banyak memperoleh suara di pemilihan legislatif. Strategi lain yang digunakan PDA adalah melakukan rekrutmen yang sederhana dan diplomatis, dimana kader yang direkrut ini pada umumnya adalah santri-santri dari dayah untuk mengajak generasi muda menjaga eksistensi keberlangsungan pelaksanaan syariat Islam di Aceh. Kata Kunci : Eksistensi Partai Damai Aceh

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PARTAI AMANAT NASIONAL PASCA EKSISTENSI PARTAI LOKAL ACEH ( SUATU PENELITIAN DI KOTAMADYA BANDA ACEH ) (Muhammad Prawoto, 2016)

DOMINASI PARTAI POLITIK NASIONAL (PARNAS) TERHADAP EKSISTENSI PARTAI POLITIK LOKAL (PARLOK) PADA PEMILIHAN LEGISLATIF KABUPATEN BENER MERIAH TAHUN 2019 (MUNAWARDI, 2021)

EKSISTENSI PARTAI POLITIK LOKAL DI ACEH (SUATU KAJIAN TERHADAP PARTAI DAULAT ACEH PADA TAHUN 2009) (Feisal Akbar, 2017)

KETERLIBATAN ULAMA DALAM POLITIK (SUATU PENELITIAN TERHADAP PARTAI ACEH DAN PARTAI DAULAT ACEH DI ACEH BARAT DAYA) (riva rusda, 2014)

PERAN PARTAL ACEH DALAM FUNGSINYA SEBAGAI PARTAI POLITIK LOKAL (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (Ria Rizki Fauzi, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy