//

HUBUNGAN FUNGSI SOSIALISASI KELUARGA DENGAN KEPRIBADIAN SEHAT SISWA MAN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Masyitah - Personal Name
SubjectCHILD DEVELOPMENT - PHYSIOLOGY
NUCLEAR FAMILY
PRESCHOOL CHILRDEN
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Masyitah. 2016. Hubungan Fungsi Sosialisasi Keluarga dengan Kepribadian Sehat Siswa MAN Aceh Besar. Skripsi, Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Drs. Said Nurdin, M.Si, (2) Dra. Dahliana Abd, M.Pd., Kons Kata Kunci: Fungsi Sosialisasi Keluarga, Kepribadian Sehat Fungsi sosialisasi yang dijalankan dalam keluarga tentu memiliki tujuan yang ingin dicapai, yaitu mengusahakan agar anak-anaknya memiliki sikap dan perilaku yang baik yang mencerminkan kepribadiannya yang sehat. Penelitian ini berupaya mendeskripsikan hubungan antara fungsi sosialisasi keluarga dengan kepribadian sehat siswa MAN Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan yang signifikan antara fungsi sosialisasi keluarga dengan kepribadian sehat siswa. Populasi diambil dari dua sekolah yaitu MAN Sibreh dan MAN Darussalam yang berjumlah 312 siswa, yang diharapkan dapat mewakili seluruh MAN di Aceh Besar. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel 223 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif dan korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket. Butir-butir soal yang direspon oleh responden terdiri dari jawaban empat kategori. Data hasil penelitian diolah dan dianalisis dengan bantuan komputer menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menggambarkan bahwa fungsi sosialisasi keluarga di MAN Aceh Besar umumnya berada pada kategori sedang. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian agar terjawab rumusan masalah 1 dan 2 adalah analisis deskriptif persentase, sedangkan untuk rumusanmasalah nomor 3 menggunakan uji korelasi product moment. Hasil analisis koefisien korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fungsi sosialisasi keluarga dengan kepribadian sehat siswa yaitu r = 0.433 dan sig = 0.000. artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat hubungan sedang antara fungsi sosialisasi keluarga dengan kepribadian sehat siswa. Dengan demikian semakin baik fungsi sosialisasi keluarga maka kepribadian siswa juga akan lebih sehat. Beberapa saran direkomendasikan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN STATUS GIZI ANAK, TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN STATUS EKONOMI KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA 24-48 BULAN DI PAUD KECAMATAN LEUNG BATA, BANDA ACEH TAHUN 2012 HUBUNGAN STATUS GIZI ANAK, TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN STATUS EKONOMI KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA 24-48 BULAN DI PAUD KECAMATAN LEUNG BATA, BANDA ACEH TAHUN 2012 (Zulham Effendy, 2016)

HUBUNGAN STATUS GIZI DAN STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MENGGUNAKAN DENVER TEST II DI TK BUNDA KANDUNG ACEH BESAR (Khairul Rijal, 2015)

HUBUNGAN FUNGSI (Cut Voenna Nestya, 2018)

HUBUNGAN FUNGSI KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI KABUPATEN ACEH BESAR (SARAH NADYA, 2019)

HUBUNGAN FUNGSI KELUARGA DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA DI SMA ACEH BESAR (Raihana Irma, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy