//

HUBUNGAN LEBAR KARAPAS DAN BERAT KEPITING BAKAU (SCYLLA SP.) SERTA FAKTOR KONDISI DI PERAIRAN ACEH SINGKIL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Kasril - Personal Name
SubjectCRABS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lebar karapas dan berat kepiting bakau (Scylla sp.) serta faktor kondisi dan sex-ratio kepiting bakau di perairan Aceh Singkil. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai Februari 2017 di Kecamatan Kuala Baru, Kecamatan Singkil dan Kecamtan Singkil Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus. Sampel kepiting bakau yang digunakan adalah hasil tangkapan para nelayan selama 30 hari yang tertangkap di perairan Aceh Singkil. nilai b Kecamatan Kula baru diperoleh nilai b = 2,66, Kecamatan Singkil b = 2,34 dan Kecamtan Singkil Utara b = 2,21. Dari ketiga lokasi penelitian kepiting bakau (Scylla sp.) tersebut mempunyai sifat pertumbuhan alometrik negative. Nilai faktor kondisi berat relatif (Wr) untuk perairan Kuala Baru 66,48-263,34 (rata-rata 105,70) Singkil 70,29-152,89 (rata-rata 104,58) dan Singkil Utara 74,58-145,44 (rata-rata 105,72) dapat diartikan perairan tersebut masih mendukung untuk pertumbuhan kepiting bakau Nilai faktor kondisi Fulton (K) untuk perairan Kuala Baru berkisar antara 5,29 – 7,28 (rata-rata 5,83), Singkil 5,14-6,57 (rata-rata 5,70) dan Singkil Utara 5,08-5,95 (rata-rata 5,70. Berdasarkan hasil survey didapatkan Sex-ratio Kuala Baru adalah 1 : 1,33, Singkil 1 : 1,5 dan Singkil Utara 1 : 2,18. Hal ini menunjukkan sex-ratio kepiting bakau masih dalam keadaan seimbang. Kata Kunci: Hubungan Lebar Karapas dan Berat, Faktor Kondisi, Sex-ratio, Kepiting Bakau, Kabupaten Aceh Singkil.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PANJANG BERAT KEPITING BAKAU (SCYLLA SP.) DI PERAIRAN MANGROVE KECAMATAN PEUKAN BADA, KABUPATEN ACEH BESAR (Nia Silvia, 2019)

KAJIAN JUMLAH INDIVIDU DAN MORFOMETRIKRNKEPITING BAKAU (SCYLLA SP.) DISEKITAR HUTAN RNMANGGROVE KECAMATAN SYIAH KUALARNBANDA ACEH (AULIA AKBAR, 2015)

KEPADATAN POPULASI DAN UKURAN LAYAK PANEN KEPITING BAKAU (SCYLLA SP) DI EKOSISTEM MANGROVE GAMPONG KILANGAN KABUPATEN ACEH SINGKIL (Sartiyana, 2018)

IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA KEPITING BAKAU (SCYLLA SERRATA) DI PERAIRAN ALUE NAGA KOTA BANDA ACEH IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA KEPITING BAKAU (SCYLLA SERRATA) DI PERAIRAN ALUE NAGA KOTA BANDA ACEH IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA KEPITING BAKAU (SCYLLA SERRATA) DI PERAIRAN ALUE NAGA KOTA BANDA ACEH (Audi Maldini, 2017)

KELIMPAHAN KEPITING BAKAU (SCYLLA SP.) DI KAWASAN REHABILITASI MANGROVE PULO SAROK KECAMATAN SINGKIL KABUPATEN ACEH SINGKIL (Desriansyah Putra, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy