//

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI SAYUR-SAYURAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dara Azzura - Personal Name
SubjectAGRICULTURAL PRODUCTIVITY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

RINGKASAN Tanaman sayur-sayuran merupakan salah satu sub sektor yang berperan dalam mendukung perekonomian nasional karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat atau petani berskala kecil, menengah ataupun besar, karena memiliki keunggulan berupa nilai jual yang tinggi, keragaman jenis, ketersediaan lahan dan pengembangan teknologi budidaya yang cukup pesat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendapatan usahatani sayur-sayuran dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan usahatani sayur-sayuran di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Penentuan lokasi penelitian ini ditentukan secara sengaja (Purposive) dengan pertimbangan bahwa daerah penelitian tersebut merupakan daerah penghasil sayur-sayuran secara berkelanjutan di Kecamatan Darusssalam Kabupaten Aceh Besar. Objek dari penelitian ini adalah petani yang membudidayakan ketiga jenis sayursayuran tersebut, yaitu bayam, kangkung dan sawi. Metode pengambilan sampel dilakukan secara sengaja (Purposive Sampling) dengan alasan sifat populasi di daerah penelitian relatif homogen. Jumlah populasi di daerah penelitian ini adalah 324 populasi yang ada di 3 (tiga) desa penelitian dalam 1 (satu) kecamatan dengan jumlah sampel sebanyak 32 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usahatani sayur-sayuran di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar dapat memberikan pendapatan yang layak bagi petani. Hal ini dapat dilihat pada nilai R/C Ratio, dimana R/C pada sayuran bayam sebesar 1,65, R/C pada sayuran kangkung sebesar 1,60 dan R/C pada sayuran sawi sebesar 1,76, dimana R/C > 1, artinya bahwa usahatani sayur-sayuran di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar dinilai layak untuk diusahakan dan dapat memberikan keuntungan bagi petani. Berdasarkan hasil uji-F menunjukkan bahwa tingkat pendidikan, umur petani, pengalaman berusahatani, jumlah tanggungan keluarga, luas lahan, biaya produksi dan harga jual produk berpengaruh secara nyata terhadap pendapatan pada usahatani sayur-sayuran di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Pada hasil uji-t menunjukkan bahwa variabel tingkat pendidikan, umur petani, pengalaman berusahatani, jumlah tanggungan keluarga, luas lahan, biaya produksi dan harga jual produk secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan pada usahatani sayur-sayuran di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar, sedangkan pada uji R 2 bahwa ketujuh variabel tersebut mempengaruhi pendapatan sebesar 95,8% dan sisanya 4,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya diluar model.

Tempat Terbit Hoboken, NJ
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI SAYUR-SAYURAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Dara Azzura, 2017)

STUDI KOMPERATIF PENDAPATAN BEBERAPA USAHATANI SAYUR-SAYURAN DI DESA TANJUNG DEAH KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Eka Priyanti, 2020)

ANALISIS PENDAPATAN PEDAGANG KAKI LIMA DI PASAR KEUTAPANG KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Diana Mustika, 2021)

ANALISIS PENDAPATAN DAN SISTEM PEMASARAN PADA USAHATANN SAYUR-SAYURAN DI DESA SARE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEII BESAR (FADHIL AMRI, 2020)

ANALISIS KONTRIBUSI USAHATANI SAWI TERHADAP PENDAPATAN PETANI DI DESA LIMPOK KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Rini Puspita Sari, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy