//

GAMBARAN PELAYANAN KESEHATAN KOMPREHENSIF PADA KLIEN YANG BERKUNJUNG KE WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wasil Mudrikah - Personal Name
SubjectORAL HYGIENE - DENTISTRY
HEALTH SERVICES
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas keperawatan universitas syiah kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Puskesmas berfungsi untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan dasar yang meliputi upaya promotif, upaya preventif, upaya kuratif dan upaya rehabilitatif bagi masyarakat akan tetapi faktanya puskesmas sering menjadi tempat untuk pelaksanaan upaya pelayanan kesehatan kuratif saja, karena kebanyakan pasien datang untuk melakukan pengobatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelayanan kesehatan komprehensif pada klien Desa Lambaro Sukon yang berkunjung ke Puskesmas Darussalam Aceh Besar. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 85 responden. Teknik pengambilan sampel total sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner berjumlah 20 pertanyaan dengan teknik pengumpulan data wawancara terpimpin. Metode analisa data dengan mencari mean (rata-rata) dalam bentuk analisa univariat. Hasil penelitian didapatkan gambaran pelayanan kesehatan komprehensif pada klien yang berkunjung ke wilayah kerja Puskesmas Darussalam Aceh Besar berada dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan gambaran pelayanan promotif berada dalam kategori kurang (52,9%), pelayanan preventif berada dalam kategori baik (55,3%), pelayanan kuratif berada dalam kategori kurang (60,0%) dan pelayanan rehabilitatif berada dalam kategori baik (61,2%). Diharapkan petugas kesehatan di puskesmas dalam pemberian pelayanan kesehatan secara komprehensif lebih di tingkatkan lagi untuk membantu peningkatan taraf kesehatan pada masyarakat khususnya pada masyarakat yang berkunjung ke wilayah kerja Puskesmas Darussalam Aceh Besar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERILAKU MASYARAKAT DENGAN TINGKAT KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS BLANG BINTANG ACEH BESAR (wildan yusuf, 2015)

PERILAKU PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH (RIDHA KURNIA SHALINA, 2015)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP INDEKS ORAL HYGIENE PADA SISWA SMPN 1 BANDA ACEH (Savitri, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT (RSGM) UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Nadya Tasya, 2016)

GAMBARAN ORAL HYGIENE ANAK DI SD N 55 KOTA BANDA ACEH (STUDI DILAKUKAN PADA ANAK KELAS 1 DAN 2 SD) (IRMA SURYANI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy