//

PENGARUH LINTASAN TRAKTOR RODA EMPAT DAN PEMBERIAN PUPUK ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KACANG BUNCIS (PHASEOLUS VULGARIS L.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Asmar Wiranto Aritonang - Personal Name
SubjectORGANIC FERTILIZERS
INORGANIC FERTILIZERS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Abstrak: Pengolahan tanah dengan traktor menyebabkan terjadinya pemadatan tanah yang pada akhirnya mempengaruhi produktivitas tanaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan beberapa sifat fisika dan mekanika tanah akibat keragaman lintasan traktor roda empat dan pengaruh pemberian pupuk organik terhadap pertumbuhan dan produksi kacang buncis. Metode penilitian yang digunakan adalah Eksperimental Design yang ditata dalam bentuk rancangan petak terpisah (split plot design), menggunakan dua faktor (petak utama dan anak petak). Kedua faktor yang dicobakan adalah lintasan roda traktor (tanpa lintasan, 1 kali lintasan dan 3 kali lintasan) sebagai petak utama dan pupuk organik (0 ton/ha, 10 ton/ha dan 20 ton/ha) sebagai anak petak. Total kombinasi perlakuan adalah 9 plot percobaan, diulang sebanyak 3 kali, sehingga seluruhnya berjumlah 27 plot percobaan. Variabel respon yang diamati di lapangan adalah panjang akar, tinggi tanaman, jumlah daun dan luas tajuk tanaman, bobot basah berangkasan dan bobot kering berangkasan. Alat dan bahan yang digunakan adalah Satu unit traktor roda empat daya 30 hp dengan implemen bajak piring, penetrometer, stopwatch, ring sample, parang, cangkul, meteran, patok, benih kacang buncis tipe merambat, pupuk organik dan pupuk NPK 16:16:16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan traktor roda empat memberikan pengaruh yang sangat nyata terhadap beberapa sifat fisika dan mekanika tanah, Pemberian pupuk organik dengan dosis tertentu memberikan pengaruh yang nyata terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman kacang buncis. Perlakuan lintasan traktor dan pemberian pupuk organik memiliki hubungan yang erat terhadap sifat fisika dan mekanika tanah, perlakuan lintasan traktor dan pemberian pupuk organik juga memiliki hubungan yang kuat terhadap pertumbuhan serta produksi kacang buncis. Kata Kunci: Lintasan traktor, sifat fisika-mekanika tanah, pupuk organik, kacang buncis

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN EFEKTIFITAS PUPUK ANORGANIK DENGAN PEMBERIAN PUPUK ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL PADI SAWAH (ORYZA SATIVA L.) (Fadliana, 2017)

PENGARUH KOMBINASI PUPUK ORGANIK DAN ANORGANIK TERHADAP HASIL KAKAO (THEOBROMA CACAO L.) DI KECAMATAN PADANG TIJI KABUPATEN PIDIE (Dara Maulina, 2013)

PENGARUH EKSTRAK BUNCIS (PHASEOLUS VULGARIS L.) TERHADAP KADAR KOLESTEROL DARAH PADA MENCIT (MUS MUSCULUS L.) (Nurul Husna, 2015)

PERANAN EM4 DAN PUPUK ORGANIK PETROGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN,PRODUKSI DAN VIABILITAS BENIH KACANG TANAH (ARACHIS HYPOGEAE L.) (Safrizal.HD, 2013)

PENGARUH PENGGUNAAN PUPUK ORGANIK DAN ANORGANIK TERHADAP PERUBAHAN SIFAT KIMIA TANAH, PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA VARIETAS PADI (ORYZA SATIVA L.) (Zulkarnaini, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy