//

PERBEDAAN PENGETAHUAN DAN PENERAPAN MODEL ASUHAN KEPERAWATAN TIM DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZAHRA TUSSAFARA - Personal Name
SubjectNURSING
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas keperawatan universitas syiah kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN Skripsi 30 Mei 2017 Xiii + VI Bab + 68 Halaman + 9 Tabel + 7 Skema + 22 Lampiran ZAHRA TUSSAFARA 1307101020065 Perbedaan Pengetahuan Dan Penerapan Model Asuhan Keperawatan Tim Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Banda Aceh Tahun 2017 Abstrak Fenomena pengetahuan dan penerapan perawat terhadap model asuhan keperawatan tim terutama di RSUD Meuraxa masih belum memuaskan. Sebagai tenaga yang profesional seharusnya perawat memiliki tingkat pengetahuan lebih dari cukup, karena mengingat model asuhan keperawatan di Rumah Sakit sangat menentukan kepuasan perawat, pasien dan kemajuan di bidang mutu pelayanan masyarakat. Kerja sama antara tim dibutuhkan untuk pemberian asuhan keperawatan secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan dan penerapan model asuhan keperawatan tim di ruang rawat inap RSUD Meuraxa Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy experimental dengan menggunakan desain one grup pre test and post test. Populasi semua perawat ruang rawat inap sebanyak 57 perawat dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Alat ukur yang digunakan untuk mengetahui pengetahuan perawat menggunakan kuesioner, untuk mengetahui penerapan model tim menggunakan lembar observasi. Hasil pengetahuan sebelum intervensi diketahui bahwa tingkat pengetahuan perawat berada pada kategori kurang yaitu sebanyak 25 responden (43,9%). Setelah diberikan intervensi diketahui pengetahuan perawat berada pada kategori baik yaitu sebanyak 51 responden (98,5%). Kemudian untuk hasil observasi sebelum intervensi diketahui penerapan model asuhan keperawtan tim berada pada kategori kurang yaitu 9 tim (90,0%). Setelah diberikan intervensi, penerapan model asuhan keperawatan tim juga berada pada kategori kurang yaitu sebanyak 7 tim (70,0%). Hasil uji paired t test pengetahuan terhadap model asuhan keperawatan tim diketahui P= 0,000 dimana Ho ditolak arinya ada perbedaan pengetahuan pre test dan post test. Pada hasil penerapan model asuhan keperawatan tim didapatkan nilai P= 0,034 juga Ho ditolak yang berarti ada perbedaan penerapan pre test dan post test. Berdasarkan hasil, peneliti merekomendasikan kepada pengambil kebijakan di RSUD Meuraxa Banda Aceh agar dapat mengadakan house training untuk meningkatkan penerapan model asuhan keperawatan tim. Kata kunci : Model Asuhan Keperawatan, Tim, Pengetahuan , Penerapan Sumber Bacaan : 15 buku, 20 jurnal, 4 Skripsi (2001-2016)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN PENGETAHUAN DAN PENERAPAN MODEL ASUHAN KEPERAWATAN TIM DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH (ZAHRA TUSSAFARA, 2017)

PERBEDAAN PENGETAHUAN DAN PENERAPAN MODEL ASUHAN KEPERAWATAN TIM DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH (Gadis Halizasia, 2017)

HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG PATIENT SAFETY DENGAN MEDICATION ADMINISTRATION ERRORS DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH (Putri Indah Mentari, 2016)

DIMENSI KEPEMIMPINAN SPIRITUAL KEPALA RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Narawidya Safputri, 2017)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI PERAWAT DALAM PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Ulfa Maulida, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy