//

HUBUNGAN LOCAL KNOWLEDGE TERKAIT BENCANA GEMPA DAN TSUNAMI TERHADAP PERINGATAN DINI PADA GURU DI SEKOLAH KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang eka yunita - Personal Name
SubjectDISASTERS - SOCIAL SERVICES
WARNING SYSTEMS
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas keperawatan universitas syiah kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Guru untuk sekolah yang berada di daerah rawan bencana perlu memberikan perhatian khusus dalam peringatan darurat untuk meningkatkan kesiapsiagaan yang dapat dilakukanbaik dari pendidikan formal maupun informal seperti local knowledgesehinggadapat diwariskan ke siswa yang bisa dikembangkan dari pengalaman bencana sebelumnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan local knowledge meliputi; dimensi observasi, antisipasi, penyesuaian, dan komunikasi terkait bencana gempa dan tsunami terhadap peringatan dini pada guru di sekolah Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif dengan desain cross section study. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 88 orang dengan pengambilan sampel total sampling. Alat yang digunakan alat pengumpulan data adalah kuesioner berjumlah 41 pertanyaan local knowledge dan 106 pertanyaan kesiapsiagaan dengan menggunakan tehnik angket. Metode analisis data menggunakan uji statistik chi-square. Hasil penelitian didapatkan ada hubungan antara local knowledge dengan peringatan dini pada guru di sekolah Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan dimensi observasi (P-value=0,000), antisipasi (P-value=0,000), penyesuaian (P-value=0,000), komunikasi (P-value=0,003). Diharapkan kepada guru di sekolah kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh dapat mempertahankan dan meningkatkan local knowledge terkait peringatan dini bencana gempa dan tsunami sehingga mampu mewariskan kepada murid. Kata Kunci : kesiapsiagaan, local knowledge, gempa, tsunami DaftarBacaan :4buku, 20 sumber online, 9Jurnal, 1 thesis, 1 UU

Tempat Terbit Hoboken, NJ
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KESIAPSIAGAAN GURU DALAM MENGHADAPI BENCANA RNGEMPA BUMI DAN TSUNAMI DI SEKOLAH DASAR RNNEGERI DI WILAYAH KECAMATAN MEURAXA RNDAN KUTA ALAM: A COMPARATIVE STUDY (ALFIYATUL RAHMI, 2015)

KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT ‘DESA SIAGA BENCANA’ DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Febriana, 2016)

ANALISA PAPARAN SUARA SIRENE TSUNAMI DI BLANG OI KECAMATAN MEURAXA BANDA ACEH (Rizal Syahputra, 2015)

PERAN GURU GEOGRAFI DALAM MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI SISWA SMA DI KOTA BANDA ACEH (SIGNORINA KASVIA, 2019)

PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH DALAM MITIGASI BENCANA: PELAJARAN SOSIAL DARI BENCANA TSUNAMI (Putra Rizki Youlan Radhianto, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy