//

ANALISIS PERILAKU DAN KEKUATAN PANEL PRACETAK FERROFOAM CONCRETE DENGAN BENTUK KONFIGURASI U YANG DIBEBANI LENTUR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rifqy Tahdzir - Personal Name
SubjectFERROCONCRETE
CONCRETE - BUILDING MATERIALS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Besarnya tuntutan pelaksanaan pekerjaan konstruksi yang efisien menjadikan beton pracetak telah dikenal luas serta banyak digunakan dalam bangunan bertingkat sebagai alternatif pengganti sistem beton konvensional. Konstruksi pracetak biasanya menggunakan beton normal. Kelemahan beton normal yang digunakan pada panel beton pracetak salah satunya bobot terlalu berat. Salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan beton ringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku dan kapasitas lentur panel ferrofoam concrete dengan bentuk konfigurasi arah (U). Dimensi benda uji dengan panjang bentang bersih 2200 mm, tebal 30 mm dengan variable lebar 600 mm dan 500 mm, serta tinggi 120 mm dan 80 mm sebanyak 3 benda uji. Tiap panel menggunakan 5 tulangan utama Ø8 mm dan 5 tulangan sengkang Ø6 mm yang bertegangan luluh 339,68 MPa serta 1 lapis wiremesh Ø1 mm yang bertegangan luluh 562,42 MPa dengan jarak antar as tulangan 25,4 mm. Rancangan campuran panel berdasarkan berat jenis yaitu 1600 kg/m3 dengan FAS 0,4 dan mutu 21 MPa. Pengujian panel dilakukan dengan cara pembebanan aksial di dua titik yang dikontrol dengan membaca dial pada hydraulic jack yang diletakkan di atas dua tumpuan sendi dan rol dengan jarak antar tumpuan 2000 mm. LVDT diletakkan pada jarak 450 mm dari tumpuan dan di tengah bentang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panel U 600-120 memikul beban ultimit sebesar 1,34 ton dan mengalami lendutan 26,33 mm, panel U 600-80 memikul beban ultimit sebesar 0,79 ton dan mengalami lendutan 46,85 mm, dan panel U 50080 memikul beban ultimit sebesar 0,69 ton dan mengalami lendutan 39,82 mm. Pola retak yang terjadi ketika panel gagal adalah pola retak geser. Berdasarkan hasil pengujian kuat lentur terhadap panel menunjukkan bahwa semakin besar lebar panel maka beban ultimit dan lendutannya semakin besar, dan semakin tinggi sayap panel maka semakin besar beban ultimit tetapi lendutannya semakin kecil. Kata Kunci: Beton Pracetak; Ferrofoam Concrete; Kapasitas Lentur

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERILAKU LENTUR PLAT LANTAI PRACETAK BETON RINGAN BERTULANG (Zulham, 2016)

PERILAKU LATERAL STRUKTUR DINDING PANEL PRACETAK FERROFOAM CONCRETE (Dessy Salsabila, 2018)

PERILAKU DAN ANALISA KEKUATAN PANEL PRACETAK FERROFOAM CONCRETE YANG DIBEBANI LENTUR (Zulfan Effendi, 2016)

ANALISIS PERILAKU DAN KEKUATAN PANEL PRACETAK FERROFOAM CONCRETE DENGAN BENTUK KONFIGURASI U YANG DIBEBANI LENTUR (Rifqy Tahdzir, 2017)

PERILAKU BALOK PROFIL KANAL (C) KONSFIGURASI (I) FERROFOAM CONCRETE AKIBAT BEBAN LENTUR (Farid Saputra, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy