//

PERANCANGAN MESIN PNGUPAS DAGING BUAH PALA (MYRISTICA FRAGRANS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ari Irvansyah - Personal Name
SubjectAGRICULTURE-EQVIPMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Abstrak. Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim tropis di kawasan Asia, hal ini menjadikan Indonesia memiliki keragaman tanaman dan salah satunya adalah pala. Dalam pengolahan pala di Indonesia umumnya masih manual terutama dalam hal mengupas kulitnya. Sehingga sangat perlu sekali untuk merancang bagun sebuah mesin pengupas kulit buah pala. Tahap utama perancangan adalah penukuran buah pala, pembuatan rangka, pembuatan tabung pengupasan dan pisau, sistem pendorong, pemasangan sabuk dan puli, pemasangan motor listrik serta pemasangan hopper. Setelah semua selesai maka langkah selanjutnya adalah pengujian fungsional, pengujian bertujuan untuk mengetahui bekerja atau tidaknya sebuah mesin yang telah di buat. Setelah tahapan ini selesai, langkah selanjutnya adalah pengujian mesin dengan menggunakan buah pala. Hasil pengujian mesin pengupas kulit pala memiliki waktu lebih lambat yakni 2,8 menit, sedangkan manual 2,3 menit. Begitu pula dengan kapasitas pengupasan dimana manual rata-rata 0,89 kg/menit dan mesin 0,69 kg/menit. Kata kunci: Pala (Myristica fragrans), mesin, pengupasan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN MESIN PNGUPAS DAGING BUAH PALA (MYRISTICA FRAGRANS) (Ari Irvansyah, 2017)

PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK ETANOL BUAH PALA (MYRISTICA FRAGRANS) TERHADAP DAYA HAMBAT STAPHYLOCOCCUS AUREUS (Teuku Hadi Wibowo Admaja, 2016)

UJI AKTIVITAS ANTIFUNGAL MINYAK ATSIRI BUAH PALA (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT) TERHADAP JAMUR CANDIDA ALBICANS SECARA IN VITRO (T Akmal Kausar, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL KULIT BUAH DAN DAGING BUAH PALA (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT.) TERHADAP MORTALITAS LARVA AEDES AEGYPTI INSTAR III (Lisda Arwadeni, 2015)

AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK N-HEKSANA TANAMAN PALA (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT) (Eralisa, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy