//

MOTIVASI MAHASISWA NON-ACEH DALAM BERTUTUR BAHASA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irhamsyah - Personal Name
SubjectLANGUAGES
ACEH - LANGUAGE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa non-Aceh yang datang dari luar Aceh untuk kuliah dan tidak bisa berbahasa Aceh. Tentu saja mereka mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan masyarakat Aceh, khususnya dari segi bahasa. Mereka sangat termotivasi untuk bisa berbahasa Aceh dengan lancar agar mudah berkomunikasi dilingkungan yang mayoritas orang Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi mahasiswa non-Aceh agar bisa bertutur bahasa Aceh. Landasan teoritis yang digunakan adalah teori Motivasi yang di kembangkan oleh Abraham H. Maslow. Teori ini mengasumsikan bahwa setiap manusia mempunyai kekuatan dan dorongan dalam dirinya untuk melakukan sesuatu yang dia inginkan. Selain itu peneliti mengumpulkan data dari penelitian terdahulu yang hampir sama dengan penelitian yang peneliti lakukan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Syiah Kuala dan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry non-Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan mewawancarai 12 informan dari suku yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa mahasiswa non-Aceh termotivasi bertutur bahasa Aceh karena Agar mudah dalam berkomunikasi, berinteraksi, dan beradaptasi dengan masyarakat Aceh yang menggunakan bahasa Aceh; Menyukai kebudayaan dan masyarakat Aceh; Memudahkan dalam mencari, teman, pekerjaan, memperluas jaringan komunikasi di Aceh serta mendapatkan jodoh orang Aceh. Dari hasil penelitian, menemukan bahwa banyak mahasiswa non-Aceh yang antusias untuk bisa berbahasa Aceh. Untuk kedepannya, mari sama-sama saling bantu membantu untuk mengembangkan budaya yang ada di Aceh khususnya dalam bidang bahasa guna untuk melestarikan bahasa yang ada di Aceh. Bagi masyarakat Aceh sendiri, ada baiknya untuk mengajarkan teman-teman yang berasal dari luar Aceh untuk bisa berbahasa Aceh. Ini akan membantu mempromosikan budaya Aceh ke daerah luar. Kata Kunci: Motivasi, Bahasa Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

A COMPARATIVE ANALYSIS OF STUDENTS’ MOTIVATION IN STUDYING ENGLISH AND ARABIC (Yuyun Nailufar, 2017)

MOTIVASI MAHASISWA NON-ACEH DALAM BERTUTUR BAHASA ACEH (Irhamsyah, 2017)

AN ANALYSIS OF FIGURATIVE LANGUAGE IN TOETI HERATY'S POEMS (Siti Maisarah, 2021)

AN ANALYSIS OF FIGURATIVE LANGUAGE IN RACHEL PLATTEN'S "WILDFIRE" SONG ALBUM (Riska Mentari, 2018)

A STUDY OF FIGURATIVE LANGUAGE USED IN MOVIE WARKOP DKI REBORN: JANGKRIK BOSS PART 2 AND ITS IMPLICATION ON SITUATIONAL COMMUNICATION (ONA MONICA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy