KAJIAN PERENCANAAN JALUR PEDESTRIAN DI KAWASAN KAMPUS DARUSSALAM | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KAJIAN PERENCANAAN JALUR PEDESTRIAN DI KAWASAN KAMPUS DARUSSALAM


Pengarang

Rahmad Fadli - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1204101010074

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Sipil (S1) / PDDIKTI : 22201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

711.74

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pertumbuhan penduduk mengalami peningkatan di Provinsi Aceh khususnya Kota Banda Aceh. Kepemilikan kendaraan pribadi juga semakin bertambah seiring dengan perkembangan teknologi yang terus berjalan. Kota Banda Aceh khususnya kawasan Darussalam memiliki tingkat tarikan perjalanan yang sangat tinggi dengan adanya pusat pendidikan yang tergolong besar di Aceh. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya berbagai permasalahan transportasi seperti kemacetan, polusi, kesemrawutan, dan tingkat kecelakaan yang akan meningkat. Universitas Syiah Kuala kemudian mewacanakan konsep Green Campus untuk diterapkan dikawasan Kampus Darussalam. Konsep ini dijalankan dengan mengedepankan Green Transportation yang menekan kesempatan bagi setiap orang untuk menggunakan kendaraan bermotor dan beralih dengan kendaraan tak bermotor seperti pejalan kaki. Penyediaan prasarana pejalan kaki (jalur pedestrian) menjadi hal penting untuk menjalankan konsep tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menilai persepsi mahasiswa dan pelajar kawasan Kampus Darussalam tentang penerapan konsep Green Campus, kesesuaian fungsi serta keadaan eksisting jalur pedestrian yang ada serta perencanaan jalur pedestrian yang sesuai dengan standar yang berlaku berdasarkan observasi lapangan dan persepsi pengguna (pelajar dan mahasiswa). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan dan penyebaran kuesioner. Hasil diperoleh dari penelitian ini adalah kondisi eksisting jalur pedestrian yang tidak sesuai dengan persyaratan jalur pedestrian yang berlaku. Penerapan konsep Green Campus juga disetujui oleh responden dengan persentase 80,5% dan 61,5% bersedia untuk melanjutkan perjalanan dari halte Trans Koetaradja menuju tujuan di dalam kampus dengan berjalan kaki. Perencanaan jalur pedestrian baru diterapkan pada seluruh ruas jalan di dalam kampus dengan ukuran 1,55 m dengan penempatannya disesuaikan dengan kondisi tata ruang di lapangan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK