//

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU JAJAN DI SEKOLAH DENGAN STATUS KESEHATAN ANAK USIA 13-14 TAHUN DI SMPN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ninin Ernia - Personal Name
SubjectCHILDREN
PHYSICAL - HEALTH
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas keperawatan universitas syiah kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Permasalahan kesehatan anak saat ini yaitu banyaknya anak-anak yang jajan janan yang tidak higienis serta mengandung berbagai zat berbahaya bagi kesehatan anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap, dan perilaku jajan dengan status kesehatan anak usia sekolah tingkat menengah pertama (SMP) Banda Aceh. Desain penelitian ini adalah cross sectional dengan jumlah populasi sebanyak 268 orang dan sampel sebanyak 73 siswa/i yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data tanggal 9-10 Mei 2017, menggunakan kuesioner dalam bentuk skala Guttman untuk variable pengetahuan, skala Likert untuk variable sikap dan perilaku, Checklist untuk variabel status kesehatan. Analisa data menggunakan uji chi-square. Hasil analisa data menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang jajanan dengan statusss kesehatan anak (p=0,001), antara sikap terhadap jajanan dengan status kesehatan (p=0,005), dan antara perilaku jajan dengan status kesehatan anak (p=0,018). Secara umum penelitian ini menunjukkan ada hubungan pengetahuan, sikap, dan perilaku jajan di sekolah dengan status kesehatan anak sekolah. Diharap bagi pihak sekolah agar dapat memberikan pemahaman untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku anak terhadap jajanan di sekolah yang baik bagi kesehatan mereka.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP INDEKS ORAL HYGIENE PADA SISWA SMPN 1 BANDA ACEH (Savitri, 2015)

GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU IBU TENTANG KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANAK USIA SEKOLAH DASAR (STUDI DILAKUKAN PADA SD NEGERI 55 KOTA BANDA ACEH) (ECI AMELIA MANURUNG, 2018)

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU JAJAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD NEGERI 54 YAYASAN TAHIJA BANDA ACEH TAHUN 2013 (fera ariantika, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU, STATUS GIZI, DAN STATUS IMUNISASI DASAR TERHADAP KESEHATAN BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUL KAMAL TAHUN 2013 (Elida Rosa Agustina , 2016)

GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP ANAK DALAM PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT (FITRI ULVIA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy