//

STRATEGI KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ORANGTUA DENGAN ANAK DALAM MENANAMKAN PENGGUNAAN BAHASA IBU (STUDI DESKRIPTIF PADA ORANG TUA DAN ANAK DI LINGKUNGAN DESA RIMA KENERUM KECAMATAN PEKAN BADA ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Arifuddin - Personal Name
SubjectINTERPERSONAL COMUNICATION - PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul strategi komunikasi antar pribadi orang tua dengan anak dalam menanamkan penggunaan bahasa ibu di lingkungan Desa Rima Kenerum, Kecamatan Pekan Bada Aceh Besar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi antar pribadi orang tua dengan anak dalam menanamkan penggunaan bahasa ibu di lingkungan Desa Rima Kenerum, Kecamatan Pekan Bada Aceh Besar. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi terhadap informan masyarakat Desa Rima Kenerum. Wawancara dilakukan terhadap delapan informan dengan menetapkan sejumlah kriteria yaitu masyarakat yang berdomisili di Desa Rima Kenerum Kecamatan Pekan Bada Aceh Besar, Penelitian ini hanya melihat komunikasi antarpribadi orang tua (Ayah dan Ibu) anak dalam memberikan pengetahuan bahasa daerah, Orang tua (ayah dan ibu) yang berusia 20 tahun hingga 70 tahun dan dalam suatu keluarga dipilih satu orang anak yang berusia di bawah 20 tahun untuk dijadikan informan. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa strategi komunikasi antar pribadi orang tua dengan dilakukan dengan menanamkan strategi komunikasi dengan menggunakan bahasa ibu dalam setiap kesempatan di dalam keluarga. Adanya sikap kesetaraan dan empati antara orang tua dengan anak dalam menanamkan penggunaan bahasa ibu berkomunikasi. Menunjukkan sikap keterbukaan dalam berkomunikasi terhadap penggunaan bahasa ibu yang ditunjukkan dari sikap orang tua yang ketika ditanya oleh anak akan menjelaskan berbagai hal. Kata Kunci: Komunikasi Antar pribadi, Bahasa Ibu

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ORANGTUA DAN ANAK DALAM MEMBERIKAN PENGETAHUAN BAHASA DAERAH DI KECAMATAN BLANGKEJEREN KABUPATEN GAYO LUES (sabarudin, 2014)

PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA DAN ANAK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (Fadli, 2014)

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOKTER SPESIALIS GIGI ANAK TERHADAP PASIEN ANAK DI RSGM UNSYIAH (MAULINA MUTIA, 2018)

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MEMOTIVASI DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI TERHADAP SISWA SD NEGERI 5 BANDA ACEH) (YUNDA SUFNI, 2018)

PENDEKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI (STUDI PADA IBU RUMAH TANGGA DI DESA LEU UE KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR) (Nurhafifah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy