//

PENENTUAN JUMLAH TENAGA KERJA BERDASARKAN WAKTU STANDAR DENGAN METODE WORK SAMPLING (STUDI KASUS: CV. ARASCO BIREUEN)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nudhar - Personal Name
SubjectCONSTRUCTION WORKERS - CIVIL ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

PT. XYZ merupakan salah satu pabrik yang bergerak dibidang produksi pembuatan bubuk kopi dan penjualan, yang tidak tertinggal dari persaingan dengan perusahaan sejenis yang memiliki keunggulan produksinya masing-masing. Pada PT. XYZ khususnya di bagian pengemasan masih menggunakan tenaga kerja manusia dan juga tenaga kerja dibagian tersebut belum efektif. Untuk memperbaiki hal tersebut maka diusulkan untuk melakukan pengukuran waktu kerja secara langsung yaitu dengan menggunakan metode work sampling. Tujuannya adalah untuk dapat mengetahui waktu standar yang dibutuhkan oleh para pekerja dalam menyelesaikan pekerjaannya, sehingga dapat diketahui berapa jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan dan dapat mengetahui persentase dari setiap pekerja. Work sampling merupakan salah satu teknik atau metode untuk melakukan sejumlah besar pengamatan terhadap aktivitas kerja dari para pekerja. Pengamatan dilakukan selama 7 hari kerja terhadap aktivitas kerja dari pekerja untuk selang waktu yang diambil secara acak. Kemudian memastikan dan mencatat apakah pekerja sedang berada dalam keadaan bekerja atau menganggur. Hasil akhir penelitian diperoleh total waktu standar sebesar 3,353 menit dengan jumlah tenaga kerja standar yang dibutuhkan sebanyak 3 orang tenaga kerja. Kata Kunci: Jumlah tenaga kerja, Waktu standar, Work sampling.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENENTUAN JUMLAH TENAGA KERJA BERDASARKAN WAKTU STANDAR DENGAN METODE WORK SAMPLING (STUDI KASUS: CV. ARASCO BIREUEN) (Nudhar, 2017)

PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP PERAN MANAJER PROYEK DALAM MENENTUKAN KEBERHASILAN PEMBANGUNAN PROYEK KONSTRUKSI DI KABUPATEN ACEH BARAT (MUHARIZAL, 2021)

PADA PROYEK KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG (RIFAT ADITYA HAWARI, 2020)

PERENCANAAN BIAYA MATERIAL PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG BPJN (BALAI PELAKSANA JALAN NASIONAL) TAHAP III (Muhammad Ricci Akbar, 2019)

PENILAIAN KINERJA KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE MANAGEMENT BY OBJECTIVE (MBO) DAN WORK STANDARD (STUDI KASUS: BANDARA INTERNASIONAL SULTAN ISKANDAR MUDA, BANDA ACEH) (Safputri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy