//

PROBLEMATIKA PENERAPAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL PADA PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS PADA PEMDA ACEH TENGAH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yanni Syarienda - Personal Name
SubjectACCOUNTING
GOVERNMENT ACCOUNTING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan dalam penerapan akuntasi berbasis akrual pada pemerintah daerah. Kemudian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah strategis yang dilakukan pemerintah daerah dalam mengatasi masalah penerapan akuntansi berbasis akrual dengan mengambil studi kasus pada Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan akuntansi berbasis akrual pada Pemda Kabupaten Aceh Tengah telah di dukung dengan adanya qanun/peraturan Bupati Aceh Tengah mengenai kebijakan akuntansi dan sistem prosedur SAP Kabupaten Aceh Tengah. Kemudian adanya sosialisasi di awal penerapan akuntansi berbasis akrual ini, yang kemudian di dukung dengan adanya teknologi informasi.Yang menjadi permasalahan disini yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) yang kurang memadai baik dari segi pengalaman maupun dari latar belakang pendidikan pada Dinas Pengelolaan Keuangan Kabupaten Aceh Tengah. Kemudian Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pengelolaan Keuangan Kabupaten Aceh Tengah mengambil langkah strategis untuk mengatasi permasalahan penerapan akuntansi berbasis akrual ini melalui: (1) pelatihan khusus,(2) Pendanaan/biaya yang sudah dianggarkan dan (3) teknologi dan sistem informasi yang mendukung. Kata kunci: Permasalahan akrual, langkah strategis, akrual basis

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROBLEMATIKA PENERAPAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL PADA PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS PADA PEMDA ACEH TENGAH) ( Yanni Syarienda, 2017)

PENGARUH SUMBER DAYA MANUSIA, BUDAYA ORGANISASI, DAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KESIAPAN PEMERINTAH DALAM PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN BERBASIS AKRUAL (STUDI PADA SKPA PROVINSI ACEH) (Wahyu Munandar, 2016)

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (m. chalis, 2016)

DETERMINAN KEBERHASILAN PENERAPAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL DI PEMERINTAH KOTA LHOKSEUMAWE (Muhammad Rizwanda, 2018)

ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN PENGGUNA POTENSIAL LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP MANFAAT PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH BERBASIS AKRUAL DI INDONESIA(SEBUAH STUDI EKSPLORATIF) (Mugtafillah Rm, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy