//

SISTEM MANAJEMEN DAYA LISTRIK SURYA PADA GEDUNG BERBASIS ARDUINO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. Darianzhah Putra - Personal Name
SubjectELECTRIC POWER-ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Energi yang dihasilkan oleh panel surya kurang maksimal sehingga tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan beban yang tersambung dan dilain waktu energi yang dihasilkan berlebih. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dirancang suatu sistem manajemen daya listrik pada gedung yang dipasang panel surya sebagai penyuplai daya. Pada penelitian ini ada 3 gedung dengan kapasitas daya listrik surya yang dihasilkan sama, setiap gedung dirancang memiliki perangkat 2 baterai dan sensor tegangan disetiap gedung serta kontroller yang sama. Pengujian dilakukan pada prototipe sistem yang telah dirancang, serta memakai bahasa pemograman C yang diinputkan kedalam mikrokontroller arduino. Skenario pengaturan daya dari dan ke gedung dilakukan dengan bantuan 6 relai dan mikrokontroller arduino. Gedung yang mengalami defisit diberi status low dan ditandai dengan kondisi tegangan baterai mencapai 85% dari tegangan nominal baterai. Gedung yang memiliki surplus daya ditandai dengan status high dan kondisi tegangan baterai diatas 90%. Kekurangan energinya akan disuplai oleh satu baterai dari salah satu gedung yang lain yang memiliki energi surplus paling tinggi. Dengan adanya penelitian ini dapat menjamin kekontinuitas suplai daya listrik pada gedung dan mengontrol penyaluran daya listrik antar gedung. KATA KUNCI : Energi Matahari, Manajemen Daya listrik, Pengaturan Daya, Sensor Tegangan, Relai, Arduino.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SISTEM DUAL TRACKING PANEL SURYA DENGAN MENGGUNAKAN PHOTOTRANSISTOR (MUJIBURRAHMAN, 2016)

KAJIAN PERANCANGAN ALAT PERBAIKAN FAKTOR DAYA OTOMATIS (Nanda Fartino, 2020)

DESAIN SISTEM MAXIMUM POWER POINT TRACKER (MPPT) PADA SISTEM PHOTOVOLTAIC (PV) MENGGUNAKAN METODE HILL CLIMBING (Azhar Gunawan, 2015)

DESAIN CHARGE AND DISCHARGE BATTERY CONTROLLER PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS) (Rahmat Prayudi, 2016)

RANCANGAN SISTEM PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA UNTUK POMPA AIR IRIGASI (Mukhtar Riyandri Tarigan, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy