HUBUNGAN PENGAWASAN ORANG TUA DENGAN DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA REMAJA SMAN BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

HUBUNGAN PENGAWASAN ORANG TUA DENGAN DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA REMAJA SMAN BANDA ACEH


Pengarang

Widia Riski Pratiwi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1307101020006

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Remaja merupakan masa transisi dan perubahan fisik serta perkembangan psikoseksualnya yang sangat labil dan mudah dipengaruhi oleh eksternal seperti pengaruh media sosial yang berdampak negatif yaitu cyberbullying dan cybersex. Peran orang tua sangat dibutuhkan dalam mengawasi remaja saat menggunakan media sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengawasan orang tua dengan dampak penggunaan media sosial. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif. Populasinya adalah seluruh siswa/i kelas X SMAN 8 Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel pada penelitian adalah simple random sampling dengan rumus Slovin , sebanyak 68 responden. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 26-27 April 2017. Alat pengumpulan data berupa kuesioner yang dibuat oleh peneliti dengan menggunakan metode angket. Hasil penelitian didapatkan dari 68 responden, pengawasan orang tua berada pada kategori pengawasan otoritatif sebanyak 48 responden (70,6 %). Sedangkan untuk dampak penggunaan media sosial didapatkan sebanyak 36 responden (52,9%) mendapatkan dampak negatif penggunaan media sosial. Hasil uji chi-square diperoleh pengawasan orang tua dengan dampak penggunaan media sosial p-value = 1,000 > (?=0,05) yang berarti Ho diterima berarti tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pengawasan orang tua dengan dampak penggunaan media sosial pada remaja SMAN Banda Aceh. Diharapkan kepada orang tua dan pihak sekolah untuk memantau aktivitas dan penggunaan media sosial remaja selama berada di rumah dan di lingkungan sekolah.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK