//

PENGARUH KOPI ARABIKA (Coffea arabica) DAN KOPI ROBUSTA (Coffea canephora) TERHADAP VISKOSITAS SALIVA SECARA IN VITRO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rosdiana Ginting - Personal Name
SubjectCOFFEE
DESTISTRY
VISKOSITAS SALIVA
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Rosdiana Ginting Program Studi : Kedokteran Gigi Judul : Pengaruh Kopi Arabika (Coffea arabica) dan Kopi Robusta (Coffea canephora) terhadap Viskositas Saliva Secara In Vitro Kopi Arabika dan kopi Robusta adalah jenis kopi yang banyak dikonsumsi masyarakat Aceh, yang mengandung asam Klorogenat dan asam Trigonelin. Kopi Arabika memiliki pH yang lebih asam dibandingkan dengan kopi Robusta. pH dapat berpengaruh terhadap viskositas saliva. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kopi Arabika dan kopi Robusta terhadap viskositas saliva. Kelompok perlakuan terdiri dari kopi Arabika, kopi Robusta dan akuades sebagai kelompok kontrol. Masing-masing larutan yang dipaparkan dengan saliva buatan diukur viskositasnya dengan menggunakan viskometer Ostwald. Viskositas rata-rata masing-masing larutan adalah 0.0008213 N detik/m2 untuk kelompok kontrol, 0.0008319 N detik/m2 untuk kopi Arabika, dan 0.0008689 N detik/m2 untuk kopi Robusta. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan menggunakan analisis One Way ANOVA kemudian dilakukan uji lanjut dengan menggunakan analisis Post Hoc Tes. Hasil analisis menunjukkan ada perbedaan signifikan p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN DAYA HAMBAT EKSTRAK DAUN KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) DAN DAUN KOPI ROBUSTA (COFFEA CANEPHORA) TERHADAP PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (Sulastri Oktarin, 2018)

DAYA HAMBAT EKSTRAK DAUN KOPI ROBUSTA (COFFEA CANEPHORA VAR. ROBUSTA) TERHADAP PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (Diotama Nuza, 2019)

PERBANDINGAN KECEPATAN LAJU ALIRAN SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH KONSUMSI KOPI JENIS ROBUSTA (COFFEA CANNEPHORA) (Cut Maidis Safrianda, 2017)

PENGARUH MENGUNYAH PERMEN KARET XYLITOL TERHADAP PH SALIVA PASIEN YANG SEDANG MENJALANI PERAWATAN ORTODONTI CEKAT SETELAH MENGKONSUMSI KOPI ROBUSTA (COFFEA CANEPHORA) (ZURAHMI, 2019)

VARIASI PEMBERIAN KONSENTRASI SAMPAH KULIT KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) TERHADAP PERTUMBUHAN DAPHNIA SP. (Rizkan Fahmi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy