PENERAPAN PENDEKATAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KESADARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS XI SMAN INGIN JAYA PADA MATERI KOLOID TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KESADARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS XI SMAN INGIN JAYA PADA MATERI KOLOID TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017


Pengarang

Salmida - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306103040042

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Pendekatan Science Environment Technology and Society (SETS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kesadaran Lingkungan Siswa Kelas XI IPA 3 SMAN 1 Ingin Jaya pada Materi Koloid Tahun Pembelajaran 2016/2017”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar dan kesadaran lingkungan siswa serta untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pendekatan SETS. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, angket tanggapan siswa terhadap pendekatan SETS, angket kesadaran lingkungan, soal tes, LKPD dan hand-out. Sampel penelitian ini siswa Kelas XI IPA 3 yang berjumlah 26 orang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar sebesar 92,30%, N-Gain hasil belajar yang didapat 16 orang siswa kategori tinggi, 9 orang siswa kategori sedang dan 1 orang siswa kategori rendah. Hasil observasi aktivitas siswa secara keseluruhan mencapai sebesar 81,35%. Hasil tanggapan siswa terhadap kesadaran lingkungan dari aspek pengetahuan sebesar 78,75%, aspek sikap sebesar 90,46% dan aspek prilaku 91,73%. Secara klasikal tanggapan positif dari siswa terhadap proses belajar-mengajar dengan penerapan pendekatan SETS sebesar 81,92%. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar dan kesadaran lingkungan serta adanya respon positif dari siswa SMAN 1 Ingin Jaya terhadap penerapan pendekatan SETS.
Kata kunci: Pendekatan SETS, hasil belajar, kesadaran lingkungan, koloid.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK