//

IDENTIFIKASI ALAT BANTU PENANGKAPAN IKAN PADA BAGAN APUNG DI PERAIRAN LEUPUNG DAN KRUENG RAYA, ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak
Pengarang FACHRUROZI AMIR - Personal Name
SubjectFISHES
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Perikanan bagan apung di Kabupaten Aceh Besar khususnya di Perairan Leupung dan Krueng Raya merupakan salah satu sektor perikanan penting yang menjadi sumber mata pencaharian masyarakat pesisir. Terdapat perbedaan karakteristik alat bantu penangkapan ikan pada bagan apung yang digunakan oleh nelayan di kedua daerah tersebut. Kurangnya data dan informasi mengenai karakteristik alat bantu penangkapan dapat menjadi kendala dalam pengembangan perikanan bagan apung yang lebih maju. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi alat bantu yang digunakan pada bagan apung di Perairan Leupung dan Krueng Raya dan pengembangan yang mungkin dilakukan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan pengamatan langsung dilapangan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan alat bantu penangkapan ikan pada bagan apung di Perairan Leupung menggunakan lampu neon dan mercury, kapasitas genset sebesar 15000 watt dan roller terbuat dari kayu bayur (Pterospermum javanicum), sedangkan di Perairan Krueng Raya menggunakan lampu neon, mercury, dan lampu celup bawah air, kapasitas genset sebesar 5000 watt dan roller terbuat dari kayu bayur (Pterospermum javanicum) dan kayu kelapa (Cocos sp.). Hasil analisis data dengan menggunakan Analitic Hierachy Process menunjukkan strategi pengembangan alat bantu penangkapan pada bagan apung di Perairan Leupung dan Krueng Raya diprioritaskan kepada modernisasi alat bantu penangkapan ikan sebesar (0,583) dan (0,579) dengan nilai konsitensi rasio sebesar 0,06 dan 0,04. Alat bantu penangkapan ikan pada bagan apung di Perairan Leupung dan Krueng Raya memungkinkan untuk dilakukan pengembangan dengan strategi berupa modernisasi alat bantu penangkapan ikan. Kata kunci : Lampu, Strategi pengembangan , Analitic Hierachy Process

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS HASIL TANGKAPAN BAGAN APUNG DITINJAU DARI TEKNIK PENGOPERASIAN DI PERAIRAN KRUENG RAYA, ACEH BESAR DAN LHOK KRUET, ACEH JAYA (Anggian Prawira, 2018)

MODIFIKASI DAN REKONSTRUKSI ALAT BANTU CAHAYA PADA BAGAN APUNG DENGAN MENGGUNAKAN LED (Oka Aulia, 2019)

OPTIMASI UNIT PENANGKAPAN BAGAN APUNG DI PERAIRAN KRUENG RAYA, ACEH BESAR (Mulana Ikramullah, 2018)

PENGARUH PERLAKUAN WARNA LAMPU DAN JARAK TERHADAP HASIL TANGKAP BAGAN APUNG DI LEUPUNG, ACEH BESAR (Muhammad Najmi, 2020)

PENGARUH PENGATURAN JARAK LAMPU TERHADAP HASIL TANGKAPAN BAGAN APUNG DI PERAIRAN LEUPUNG, ACEH BESAR (Safri Ramadani, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy