//

Identifikasi Pokok Bahasan Yang Dianggap Sulit Oleh Mahasiswa Pada Perkuliahan Kimia Anorganik II Di Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Syiah Kuala

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Devina Ellyza - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
ANORGANIC CHEMISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Penelitian yang berjudul “Identifikasi Pokok Bahasan Yang Dianggap Sulit Oleh Mahasiswa Pada Perkuliahan Kimia Anorganik II Di Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Syiah Kuala” ini mengangkat masalah pokok bahasan apakah yang sulit dipahami oleh mahasiswa dalam perkuliahan Kimia Anorganik, dan apa penyebabnya mahasiswa sulit memahami pokok bahasan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pokok bahasan apa yang paling banyak dianggap sulit oleh mahasiswa dan untuk mengetahui faktor-faktor penyebabnya. Populasi pada penelitian ini adalah semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unsyiah angkatan 2010 yang sudah pernah mengambil mata kuliah Kimia Anorganik II pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2010 yang mendapat nilai C+, C, D, dan E. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan angket dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pokok bahasan yang dianggap sulit oleh mahasiswa adalah Aspek Termodinamika karena materi yang dipelajari terlalu luas dan berhubungan dengan kimia fisika sehingga sulit dipahami oleh mahasiswa. Selain Aspek Termodinamika, Senyawa Organologam juga sulit dipahami karena mahasiswa masih sulit untuk memahami bentuk struktur dan konsep 18 elektron. Penelitian ini dapat dilanjutkan oleh peneliti lain untuk mengetahui lebih dalam faktor-faktor internal dan eksternal yang dapat menyebabkan mahasiswa sulit memahami pokok bahasan pada mata kuliah Kimia Anorganik II.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH MENGALAMI KESULITAN DALAM MEMAHAMI MATERI PERKULIAHAN MATEMATIKA FISIKA 1 (BUSTAMI, 2019)

HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA ANGKATAN 2012, 2013, DAN 2014 UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Navizatur Rahmi, 2017)

IDENTIFIKASI KESULITAN YANG DIHADAPI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNSYIAH DALAM MELAKSANAKAN PROGRAMPENGALAMAN LAPANGAN(PPL) (Elli Nuryati, 2016)

ANALISIS MATERI YANG SULIT PADA MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR (SBM) DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNSYIAH TAHUN AKADEMIK 2015/2016 (Hud Malia Wati Putri, 2017)

HUBUNGAN AFIKASI DIRI (SELF-EFFICACY) DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP NILAI MATA KULIAH KIMIA FISIK I RNPADA MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA TAHUN MASUK 2011 RNFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN RNUNIVERSITAS SYIAH KUALA (Siti Rahmah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy