//

PENINGKATAN KUALITAS SUSU FERMENTASI DENGAN PENAMBAHAN KACANG HIJAU PADA JENIS SUSU YANG BERBEDA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurkhalis - Personal Name
SubjectMILK-PROCESSING
MUNG BEAN
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Suatu penelitian telah dilakukan untuk mengetahui peningkatan kualitas susu fermentasi dengan penambahan kacang hijau pada jenis susu yang berbeda. Penelitian telah dilakukan di Laboratorium Ilmu dan Teknologi Pengolahan Susu Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian pada tanggal 12 Juni s.d 12 Juli 2012. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial yang terdiri dari 2 faktor yaitu faktor A adalah jenis susu yaitu a1 = susu skim dan a2 = susu segar. Faktor B adalah kacang hijau yaitu b0 = 0 %, b1 = 25 %, b2 = 50 % dan b3 = 75 %. Pengamatan dilakukan terhadap derajat keasaman (pH), kadar asam laktat dan kadar protein. Hasil penelitian menunjukkan bahwapenambahan kacang hijau pada jenis susu yang berbeda menunjukkan pengaruh yang sangat nyata (P < 00,1) terhadap derajat keasaman (pH), asam laktat dan kadar protein susu fermentasi. Rataan derajat keasaman (pH) susu fermentasi pada berbagai perlakuan berkisar antara pH 3,43 – 3,80 dengan rata-rata pH 3,62, kadar asam laktat susu fermentasi pada berbagai perlakuan berkisar antara 0,95 – 1,57 persen dengan rata-rata 1,36 persen dan rataan kadar protein susu fermentasi pada berbagai perlakuan berkisar antara 2,87 – 5,19 persen dengan rata-rata 3,79 persen. Dapat disimpulkan bahwa penambahan kacang hijau pada susu segardapatmeningkatkan kualitas susufermentasi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PRARANCANGAN PABRIK SUSU BUBUK KACANG HIJAU DENGAN KAPASITAS BAHAN BAKU 10.000 TON/TAHUN (M. Furqan Adhi, 2018)

KUALITAS SUSU KAMBING DAN SUSU BUBUK FERMENTASI PADA LEVEL PENGGUNAAN LACTOBACILLUS PLANTARUM YANG BERBEDA (FERI MULIAWAN, 2018)

PENGARUH FORMULASI BAHAN BAKU DAN PENAMBAHAN CMC (CARBOXY METHYL CELLULOSE) SEBAGAI STABILIZER TERHADAP MUTU SUSU NABATI (RINA SAPUTRI, 2021)

EVALUASI ORGANOLEPTIK SUSU KAMBING FERMENTASI DENGAN PENAMBAHAN BUAH JAMBU BIJI MERAH (dara meutia, 2014)

KEMAMPUAN ANTIBAKTERI LACTOBACILLUS PLANTARUM PADA SUSU KAMBING DAN SUSU BUBUK TERHADAP ENTEROBAKTERICEA (Ade Kardima, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy