//

ANOMALI IMPLEMENTASI PERAN DAN FUNGSI TUHA PEUET (STUDI KASUS DI PEMERINTAHAN GAMPONG KUTABULOH I KECAMATAN MEUKEK KABUPATEN ACEH SELATAN)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Deby Satrianda - Personal Name

Abstrak/Catatan

DEBY SATRIANDA, 2017 ABSTRAK ANOMALI IMPLEMENTASI PERAN DAN FUNGSI TUHA PEUET (Studi Kasus di Pemerintahan Gampong Kutabuloh I Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala (Drs. Zainal Abidin AW,M.Si) (xii.87), pp., bibl., app. Anomali implementasi peran dan fungsi tuha peuet terlihat jelas dengan tidak optimalnya peranan yang dimainkan oleh tuha peuet gampong Kutabuloh I, kondisi ini mulai dipertanyakan oleh masyarakat tentang eksistensi tuha peuet sebagai tokoh legsilatif yang membawa aspirasi masyarakat guna untuk memajukan dan membuat pembangunan gampong yang lebih bermakna, padahal peran dan fungsi tuha peuet jelas sudah diatur didalam Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2008. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui anomali apa saja yang terjadi dan kendala yang dihadapi oleh tuha peuet gampong Kutabuloh I dalam menjalankan implementasi peran dan fungsinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus dimana akan menghasilkan data berupa ucapan, tulisan, dan pola tingkah laku orang-orang yang diamati secara utuh dan mendalam. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan fungsi tuha peuet gampong Kutabuloh I mengalami anomali, terlihat dalam penetapan qanun gampong yang sampai saat ini belum dibuat, hal ini membuat masyarakat bingung dalam memutuskan hukum gampong yang akan dipakai dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Anomali yang lain juga terlihat dalam meyerap dan menyalurkan aspirasi masyarakat, hal ini ditandai dengan sedikitnya aspirasi masyarakat yang sudah terealisasikan. Selanjutnya dalam fungsi pengawasan juga belum berjalan maksimal. Dalam menjalankan fungsinya tuha peuet memiliki kendala diantaranya; komunikasi tuha peuet dengan pemerintahan gampong, sumber daya tuha peuet, dan faktor ketua tuha peuet. Faktor penunjang kinerja tuha peuet adalah; pendidikan anggota tuha peuet, sosialisasi mengenai fungsi tuha peuet dan kepedulian pemerintah daerah. Kata Kunci : Anomali, Tuha Peuet, Implementasi Peran dan Fungsi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FUNGSI DAN WEWENANG TUHA PEUET DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA (STUDI KASUS DI DESA UJONG KAREUNG KECAMATAN SUKAJAYA KOTA SABANG) (salamun, 2013)

HUBUNGAN FAKTOR EKONOMI DAN TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN PEMAHAMAN POLA ASUPAN GIZI SEIMBANG PADA BALITA DI GAMPONG KUTABULOH I KECAMATAN MEUKEK KABUPATEN ACEH SELATAN (Bela Futri Rismayanti, 2021)

ANALISIS PERAN TUHA PEUET DALAM PENYUSUNAN REUSAM GAMPONG DI GAMPONG PANTEE KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (MHD DEDE JASROEL, 2020)

ANALISIS IMPLEMENTASI FUNGSI ANGGARAN TUHA PEUT GAMPONG (STUDI KASUS GAMPONG KEUDE PANGA KECAMATAN PANGA KABUPATEN ACEH JAYA) (FARAH MITA SURANDA, 2018)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP IMPLEMENTASI ADAT SEUMANOE PUCOK DI MASYARAKAT MEUKEK ACEH SELATAN (Okta Viola, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy