//

PERENCANAAN GROUND SILL PADA SUNGAI AIH TRIPE DESA KENDAWI KABUPATEN GAYO LUES

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mellita Aprila - Personal Name
SubjectHYDRODYNAMICS
EDIMENTS - RIVER ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Daerah Aliran Sungai (DAS) merupakan daerah yang dibatasi oleh pengunungan dimana airnya mengalir menuju sungai utama. Karakteristik morfologi sungai Aih Tripe merupakan sungai bermeander dimana berbagai bentuk endapan sedimen dan erosi tebing telah terjadi disepanjang sungai. Akibat pemanfaatan lahan yang tidak sesuai dengan peruntukannya, telah memberikan dampak signifikan pada DAS dan pada sungai-sungai yang berada didalamnya. Sungai Aih Tripe Desa Kendawi Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo terjadi angkutan sedimen yang mengakibatkan degradasi tepatnya pada bagian tengah sungai. Selain itu, pada lokasi ini terjadi longsor dan menyebabkan badan jalan amblas ke sungai karena adanya aliran air yang keluar dari tebing sungai pada saat musim hujan. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain konstruksi bangunan ground sill yang akan bermanfaat untuk menahan angkutan sedimen sehingga mengurangi degradasi yang berpengaruh terhadap kemiringan dasar sungai. Metode penelitian ini yaitu mengolah data curah hujan yang diperoleh dari Stasiun Blower Blangkejeren dengan rentang waktu selama 10 tahun yaitu dari tahun 1993 sampai tahun 2002. Data curah hujan tersebut dilakukan analisis frekuensi Log Pearson III. Dari hasil perhitungan debit banjir periode ulang 20 tahun yaitu sebesar 239,114 m3/det dihitung dengan metode Haspers. Analisis angkutan sedimen diperhitungkan dengan metode Shields didapat nilai τo> τc sehingga butir bergerak. Perencanaan bangunan ground sill didesain dengan tinggi air di hulu mercu 1,87 m, lebar mercu 2,26 m, tinggi mercu 1,5 m, dan kedalaman pondasi 1,12 m. Dalam menganalisis stabilitas ground sill aman terhadap kontrol bangunan yaitu berat sendiri, tekanan air uplift, gaya tekan air statis, cek terhadap guling, cek tehadap eksentrisitas, cek terhadap geser, Tegangan yang terjadi pada dasar pondasi dan cek kekuatan tanah. Kata kunci : Sungai, Debit Banjir, Angkutan Sedimen, Degradasi, Ground Sill.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ALTERNATIF PENGATURAN SUNGAI AIH TRIPE KABUPATEN GAYO LUES (Maimun Saputra, 2017)

PENGARUH PEMBERLAKUAN SYARIAT ISLAM TERHADAP BUDAYA LOKAL D IKECAMATAN TRIPE JAYA KABUPATEN GAYO LUES, 2002 - 2009 (Mangsur, 2020)

“TEKNIK OPRASIONAL PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MINI HIDRO DESA PERLAK KECAMATAN TRIPE JAYA KABUPATEN GAYO LUES” (SUFENDI, 2020)

WUJUD KEDISIPLINAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 TRIPE JAYA KABUPATEN GAYO LUES (Masniar, 2021)

PERENCANAAN CHECK DAM SEBAGAI BANGUNAN PENGENDALI SEDIMEN DI SUNGAI AIH TRIPE, DESA TELPI, KABUPATEN GAYO LUES (Nurul Mawaddah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy