//

TINDAK PIDANA NARKOTIKA YANG DILAKUKAN OLEH ORANG ASING DI WILAYAH ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MAURA INDIRA RIZKA - Personal Name
SubjectCRIMINAL LAW
NARCOTICS - SMUGGLING - LAW
CONSPIRACY - LAW
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK MAURA INDIRA RIZKA, (2017) TINDAK PIDANA NARKOTIKA YANG DILAKUKAN OLEH ORANG ASING DI WILAYAH ACEH Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (v, 87) pp.,bibl.,tabl. Ida Keumala Jeumpa, S.H., M.H. Pengaturan hukum tentang Tindak Pidana Narkotika telah diatur dalam Undang-undang No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Salah satu tujuan dari Undang-undang ini adalah untuk memberantas peredaran gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika. Tindak pidana narkotika merupakan salah satu tindak pidana khusus, sehingga ancaman hukuman yang dikenakan relatif berat. Namun dalam kenyataannya Narkotika masih disalahgunakan bahkan dilakukan oleh orang asing di wilayah Indonesia seperti yang terjadi di wilayah hukum Pengadilan Negeri Langsa dan Pengadilan Negeri Jantho. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan modus operandi orang asing yang melakukan tindak pidana narkotika di Aceh, proses penyelesaian terhadap orang asing yang melakukan tindak pidana narkotika di Aceh dan upaya pencegahan terhadap orang asing yang melakukan tindak pidana narkotika di Aceh. Data dalam skripsi ini diperoleh dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian kepustakaan dilakukan untuk memperoleh data yang bersifat teoritis ilmiah. Sedangkan penelitian lapangan dilakukan untuk memperoleh data primer, dengan cara mewawancarai responden dan informan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa modus operandi yang digunakan orang asing dalam melakukan tindak pidana narkotika di Aceh adalah dengan adanya kerjasama dengan masyarakat setempat (orang Aceh) yang menerima narkotika tersebut serta dilakukan dengan cara menyimpan narkotika dalam alumunium foil dan adapula yang menyimpan narkotika dalam bungkusan rokok. Proses penyelesaian terhadap orang asing yang melakukan Tindak Pidana Narkotika yaitu dengan melakukan proses hukum yang tegas terhadap pelaku berdasarkan Undang-undang No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Upaya pencegahan tindak pidana narkotika yang dilakukan oleh orang asing yaitu dengan adanya upaya preventif yaitu dengan melakukan sosialisasi atau penyuluhan hukum dan upaya represif yaitu dengan menjatuhkan hukuman yang serius dan tegas terhadap pelaku. Diharapkan adanya aturan pemidanaan khusus terhadap orang asing yang melakukan tindak pidana narkotika di Indonesia demi melindungi negara dari bahaya narkotika, diharapkan kepada masyarakat Aceh tidak ikut serta ataupun terlibat dalam perbuatan tindak pidana narkotika , serta para penegak hukum diharapkan lebih serius dalam melakukan pemberantasan na rkotika terkhusus dalam membongkar jaringan pengedar narkotika.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINDAK PIDANA NARKOTIKA YANG DILAKUKAN OLEH ORANG ASING DI WILAYAH ACEH (MAURA INDIRA RIZKA, 2017)

PENERAPAN PEMUFAKATAN JAHAT DALAM TINDAK PIDANA NARKOTIKA (M. Agung Kurniawan, 2018)

PENERAPAN PRINSIP PERBARENGAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA DAN TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG DI PENGADILAN TINGGI ACEH (Sakata Guraba, 2018)

KARAKTERISTIK TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DAN UPAYA PENANGGULANGAN (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI MEULABOH) (Aris Munanzar, 2019)

STATISTIK KRIMINAL TERHADAP TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA (ANALISIS PUTUSAN PENGADILAN NEGERI JANTHO TAHUN 2015-2017) (NURFAH NORA EFENDI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy