//

HUBUNGAN ANTARA DYADIC STRESS DENGAN KEPUASAN PERNIKAHAN PADA REMAJA PUTRI YANG MENIKAH DI ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ziyan Zarena M - Personal Name
SubjectMARRIAGE - PERSONAL RELIGION - ISLAM
TEENAGE GIRL
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pernikahan tidak hanya terjadi pada usia dewasa, namun pernikahan pada usia remaja juga masih terjadi termasuk di Aceh Selatan. Pernikahan pada usia remaja dapat melemahkan kepuasan pernikahan. Salah satu hal yang dapat menyebabkan terjadi redahnya kepuasan pernikahan adalah stres yang dialami individu didalam pernikahannya (dyadic stress). Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan antara dyadic stress dengan kepuasan pernikahan pada remaja putri yang menikah di Aceh Selatan. Data dikumpulkan melalui Multidimensional Stress Questionnaire for Couples (MDS-Q) dan ENRICH (Evaluation and Nurturing Relationship Issues, Communication and Happiness) Marital Satisfaction (EMS) Scale melalui teknik purposive sampling. Sebanyak 60 remaja putri terlibat dalam penelitian ini (x ̅=19.75). Analisis data menggunakan teknik korelasi Spearman menunjukkan nilai r= -0.777, p= 0.000 (p < 0.05), sehingga dapat diartikan bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikan antara dyadic stress dengan kepuasan pernikahan pada remaja putri yang menikah di Aceh Selatan. Hal ini mengindikasikan semakin tinggi dyadic stress maka semakin rendah kepuasan pernikahan, demikian juga sebaliknya. Kata kunci : Dyadic Stres, Kepuasan Pernikahan, Remaja Putri, Menikah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

LEGALITY OF MARRIAGE BETWEEN PEOPLE OF DIFFERENT RELIGION IN INDONESIA AND ITS CONNECTION TO THE FULFILMENT OF THE RIGHT TO FORM A FAMILY (FACHRIAN RIZKI, 2021)

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI DENGAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE REMAJA PUTRI PADA SAAT MENSTRUASI DI MAN RUKOH BANDA ACEH TAHUN 2014 (Mazra Ulfa Ardiani, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN PERSONAL HYGIENE DENGAN PENCEGAHAN FLOUR ALBOUS PADA REMAJA PUTRI DI SMAN 5 BANDA ACEH 2014 (Herma Desiyanti, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN REPRODUKSI REMAJA PUTRI DENGAN UPAYA MENJAGA KEBERSIHAN SAAT MENSTRUASI DI PESANTREN DARUL IMARAH ACEH BESAR (RISKA PHONNA, 2018)

KOPING STRES PADA REMAJA YANG MENIKAH KARENA PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH DI KABUPATEN BENER MERIAH (Patimah Binti, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy