PENGUJIAN KEKUATAN GESER TANAH LERENG JALAN YANG SUDAH LONGSOR PADA RUAS JALAN BANDA ACEH - CALANG KM 41 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGUJIAN KEKUATAN GESER TANAH LERENG JALAN YANG SUDAH LONGSOR PADA RUAS JALAN BANDA ACEH - CALANG KM 41


Pengarang

Muarief - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1304001010126

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Sipil (D3) / PDDIKTI : 22401

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

624.151

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Curah hujan yang tinggi dan berkelanjutan pada lereng di kawasan Gunung Kulu Jalan Banda Aceh-Calang Km 41+400 menyebabkan terjadinya longsor sehingga parameter kuat geser tanah terutama kohesi (c) antar butiran akan berkurang dengan demikian air hujan yang berlebih dapat menyebabkan hilangnya ikatan tanah, Parameter kekuatan geser tanah merupakan salah satu sifat mekanis tanah yang erat hubungannya dengan stabilitas lereng. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi penyebab kelongsoran lereng berdasarkan kuat tekan dan kuat geser tanah. Beberapa jenis pengujian dilakukan pengujian sifat fisis tanah seperti, berat jenis, batas cair, batas plastis, pembagian butir, pengujian sifat-sifat mekanis tanah seperti kuat geser langsung (direct shear) dan kuat tekan. Penelitian dilapangan menggunakan metode pengukuran dengan mengamati langsung geometrik kelongsoran. Jenis tanah pada lereng yang di tinjau dapat di kategorikan sebagai tanah lempung yang menunjukkan sifat kohesif. Klasifikasi menurut AASHTO dan USCS dapat disimpulkan tanah tersebut yaitu tanah lempung organik dengan plastisitas tinggi. Nilai dari sudut geser dan nilai kohesi yaitu 24°, (c) 0,710 kg/cm2 dan (Qu) 0,582 kg/cm2.

Kata Kunci : Curah hujan tinggi, kuat geser tanah , geometrik kelongsoran.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK