//

PENARAPAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 2 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Asmarida - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
RECITATION METHOD
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Metode Resitasi dan Prestasi Belajar Judul penelitian ini adalah “Penerapan Metode Resitasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn di SMP Negeri 2 Sawang Kabupaten Aceh Selatan”. Rumusan masalah penelitian ini apakah penerapan metode resitasi dalam proses pembelajaran PKn dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode resitasi dalam proses pembelajaran PKn dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SMP Negeri 2 Sawang Aceh Selatan. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, yaitu menggunakan penelitian eksprimental (percobaan) dengan cara mengajarkan materi dengan menerapkan metode resitasi dalam mata pelajaran PKn kelas VII SMP Negeri 2 Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Untuk pengolahan data, metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan statistik rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran PKn kelas VII SMP Negeri Negeri 2 Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Nilai rata-rata siswa kelas menggunakan metode resitasi (X1 = 70,36) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai siswa kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional (X2 =62.12). Kesimpulan menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dengan menerapakn metode resitasi dalam proses pembelajaran PKn pada kelas eksprimen bila dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak hanya menggunakan metode konvensional, semakin sering memberikan tugas-tugas, maka semakin lancar penguasaan konsep pemahaman siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIFITAS PENERAPAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (sardiah, 2014)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CAROUSEL FEEDBACK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X1 IPS SMA NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (JULHADI, 2019)

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR DI SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (ALZIKRI RAHMATILLAH, 2013)

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER TUMBUHAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BAKONGAN KABUPATEN ACEH SELATAN (Rita Ardiyanti, 2018)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN METODE RESITASI DAN METODE DISKUSI DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (ZAHRATUL HAYATI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy